Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Selain Kebijakan Gas dan Rem, Pandemi Berhasil Ditangani Berkat Kepedulian Masyarakat

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 01 September 2022, 08:44 WIB
Selain Kebijakan Gas dan Rem, Pandemi Berhasil Ditangani Berkat Kepedulian Masyarakat
Ilustrasi Covid-19/Net
Kebijakan gas dan rem yang ditempuh pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 dilakukan semata-mata untuk menyeimbangkan antara penanganan pandemi dan menjaga perekonomian.

"Saat Covid-19 masih awal-awal, sudah sewajarnya melakukan kebijakan yang mengerem atau mengegas. Ini wajar untuk memitigasi dan meminimalisir dampaknya ke perekonomian," kata Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Ahmad Heri Firdaus dalam keterangannya, Kamis (1/9).

Soal keberhasilan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi, Indef tak bisa memungkiri adanya peran penting masyarakat. Ia melihat peran serta masyarakat berupa kesadaran menghadapi dan menyikapi pandemi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

"Kalau mau diklaim, memang dari program yang dijalankan pemerintah. Tapi jangan lupa bahwa ini juga dipengaruhi oleh tingkat kepedulian masyarakat yang sudah semakin aware," sambungnya.

Oleh karenanya, Heri menegaskan keberhasilan Indonesia dalam menghadapi pandemi serta menjaga perekonomian tidak ambruk adalah buah dari kerja sama semua pihak.

“Intinya ini kalau diklaim oleh satu pihak, menurut saya ini lebih fair oleh semua pihak, masyarakat, pemerintah, dan semua,” demikian Cecep.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA