Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soleman Ponto: Kalau Mau jadi Poros Maritim Dunia, Panglima Harus dari AL

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 02 September 2022, 16:38 WIB
Soleman Ponto: Kalau Mau jadi Poros Maritim Dunia, Panglima Harus dari AL
Soleman Pontoh/Net
rmol news logo Masa pensiun Panglima TNI Jenderal Andhika Perkasa akan berakhir awal desember 2022 mendatang. Sejumlah jenderal bintang empat TNI bermunculan untuk menggantikan Jenderal Andika, salah satunya Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

Menurut pengamat militer Soleman B Ponto, sudah seharusnya KSAL menjadi calon panglima TNI, pasalnya di samping masa jabatannya yang masih panjang, Laksamana Yudo Margono juga memiliki rekam jejak di dunia militer cukup baik.

"Kariernya mulai dari kapal, terus dia komandan kapal, lengkap lah, komandan Lantamal, langsung Panglima Armada, langsung komando wilayah ya lengkap dia. Jadi baguslah pas lah kalau dipercaya untuk menjadi panglima TNI,” kata Soleman kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (2/9).

Selain itu, Soleman berpandangan Indonesia yang memiliki misi menjadi poros maritim dunia, sudah sepatutnya seorang panglima TNI dijabat oleh jenderal Angkatan Laut.

"Ya lah, katanya kita mau jadi poros maritim dunia, ya kalau mau jadi poros maritim dunia ya harus dari Angkatan Laut lah. Yang tau bagaimana mengamankan itu kapal-kapal niaga kita di laut, jadi kalau mau jadi poros maritim ya dari angkatan laut paling tepat lah,” ucapnya.

Oleh karena itu, ia berharap Presiden Joko Widodo melihat kembali aturan mengenai jabatan panglima TNI, agar tidak salah mengambil keputusan.

"Nanti kasih tau la, itu aturan yang sudah dibuat itu kan bergantian harusnya dari AL, nah ini jangan sampai ke udara lagi baliknya tiba-tiba, presiden begitu orangnya susah dipegang,” tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA