Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Survei: Elektabilitas Prabowo Masih Teratas, Anies dan Ganjar Saling Tempel

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 05 September 2022, 16:53 WIB
Survei: Elektabilitas Prabowo Masih Teratas, Anies dan Ganjar Saling Tempel
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto/Net
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto amsih menjadi figur yang paling diidamkan publik untuk menjadi calon presiden (Capres) pada Pemilu Serentak 2024. Elektabilitas dia, sudah menyentuh angka 30,6 persen.

Begitu temuan survei yang dipaparkan Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional Gema Nusantara Bakry dalam webinar "Dinamika Perilaku Memilih Capres dan Parpol Jelang Pemilu 2024 Serta Persepsi dan Sikap Publik Terhadap Isu Nasional", Senin (5/9).

"Pada elektabilitas tiga besar ada Prabowo Subianto (30,6 persen), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (18,9 persen), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (16,8 persen)," ujar Gema.

Menyusul di belakang tiga nama itu, lanjutnya, ada tiga tokoh dengan elektabilitas bersaing. Yakni, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (7,4 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (5,4 persen) dan Menteri BUMN Erick Thohir (4,2 persen).

Nama-nama lainnya dengan elektabilitas di bawah 4 persen ada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

"Sementara masih ada responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 10,7 persen," pungkasnya.

Survei dilakukan pada tanggal 29 Agustus-2 September 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Survei melibatkan 1.230 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara systematic random sampling.

Ambang kesalahan atau margin of error 2,79 persen  dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

ARTIKEL LAINNYA