Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Budi Gunawan: Pengalihan Subsidi BBM Bagian dari Memastikan Ketahanan Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 06 September 2022, 00:18 WIB
Budi Gunawan: Pengalihan Subsidi BBM Bagian dari Memastikan Ketahanan Nasional
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan/Net
rmol news logo Pengurangan subsidi energi dan pengalihan untuk dana perlindungan sosial yang telah dilakukan pemerintah perlu dipahami masyarakat dengan seksama.

Menurut Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal (Purn) Budi Gunawan, kebijakan pengurangan subsidi energi dengan penyesuaian harga BBM merupakan bagian dari penguatan desain APBN.

"Tujuannya agar lebih berorientasi pada perlindungan masyarakat lemah secara ekonomi,” kata Budi Gunawan dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/9).

Pengalihan juga dimaksudkan agar subsidi yang selama ini digelontorkan tidak dimanfaatkan oleh masyarakat tergolong mampu.

"Ini juga sebagai bagian untuk memastikan ketahanan nasional dalam menghadapi tekanan dari perkembangan geopolitik dunia," tandasnya.

Di sisi lain, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya menyebut, pemerintah telah menaikkan dana bantalan sosial senilai Rp 24,17 triliun sebelum menaikkan harga BBM.

Dengan adanya bansos Rp 24,17 triliun, pemerintah berharap beban masyarakat atas kenaikan harga BBM subsidi bisa berkurang hingga 40 persen.

"Oleh karena itu, jumlah kompensasinya dibuat jauh lebih besar dari estimasi beban yang mereka akan hadapi. Yaitu estimasi Rp 8,1 triliun, kami memberikan Rp 24,17 triliun,” kata Sri Mulyani beberapa waktu lalu. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA