Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pigai: Pelanggaran HAM Berat Paniai akan Jadi Semut Menyengat di Tubuh Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 06 September 2022, 13:19 WIB
Pigai: Pelanggaran HAM Berat Paniai akan Jadi Semut Menyengat di Tubuh Pemerintah
Mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai/Net
rmol news logo Pelanggaran HAM berat di Paniai, Papua akan menjadi bayang-bayang kegagalan pemerintah dalam menegakkan HAM di Indonesia. Sebab hingga kini, pelanggaran HAM berat tersebut belum tuntas.

"Pelanggaran HAM Berat di Paniai akan tetap menjadi salah satu semut yang menyengat di tubuh pemerintah Indonesia karena pelaku tidak hanya 1 orang, namun hampir semua kesatuan teritorial juga penugasan (tempur)," tegas mantan Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (6/9).

Pigai yang juga memimpin inisiasi investigasi kasus pembunuhan di Paniai ini mengatakan, kasus yang terjadi di 8 Desember 2014 itu melibatkan banyak pihak.

Namun hingga kini, kasus pelanggaran HAM berat itu baru ditetapkan satu tersangka.

Pigai mengklaim, timnya telah menemukan bukti yang kredibel bahwa setidaknya empat cabang pasukan keamanan Indonesia terlibat dalam pembunuhan, termasuk perwira infanteri dan pasukan angkatan udara.

"Aktor-aktor yang terlibat merupakan pemimpin-pemimpin Indonesia, dan dalam laporan kami, kami menuliskan nama dan posisi mereka," tandas Pigai. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA