Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Heddy Lugito, Komisaris BUMN yang Terpilih Jadi Ketua DKPP

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 08 September 2022, 17:20 WIB
Heddy Lugito, Komisaris BUMN yang Terpilih Jadi Ketua DKPP
Heddy Lugito terilih menjadi Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)/Net
Usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo kemarin, lima anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dari unsur masyarakat, dan bersama 2 orang dari unsur penyelenggara pemilu, melakukan rapat pleno pertama untuk memilih ketua.

Rapat pleno untuk pemilihan Ketua DKPP Periode 2022-2027 ini berlangsung di Kantor DKPP Lantai 5, Jalan MH Thamrin, No. 14, Jakarta Pusat, Kamis (8/9).

Anggota DKPP dari unsur masyarakat yang hadir dalam pleno hari ini ialah I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Ratna Dewi Pettalolo, Muhammad Tio Aliansyah, Heddy Lugito, J. Kritiadi.

Sementara, anggota DKPP yang hadir dari unsur penyelenggara pemilu, yakni dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Yulianto Sudrajat, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Puadi.

Usai melaksanakan rapat pleno, disampaikan bahwa Heddy Lugito terpilih secara aklamasi oleh ketujuh anggota DKPP untuk menduduki jabatan ketua.

"DKPP periode 2022-2027 sudah melakukan pleno pemilihan ketua. Alhamdulillah secara aklamasi sudah terpilih, kita enggak perlu voting. Kita, anggota DKPP, semua sepakat menunjuk saya sebagai Ketua DKPP periode 2022-2027," ujar Heddy.

Dengan jabatan yang diberikan tersebut, Heddy memastikan kerja-kerja DKPP periode sebelumnya akan diteruskan. Termasuk soal pengaduan-pengaduan dugaan pelanggaran etik oleh penyelenggara pemilu yang sudah masuk.

"Itu akan segera kita tangani dan kemudian kita akan melanjutkan dengan pekerjaan selanjutnya. Di antaranya adalah penataan lembaga yang lebih baik, meneruskan yang sudah dicapai pimpinan sebelumnya, menyempurnakan yang belum sempurna," tandasnya.

Nama Heddy Lugito bisa tumbuh besar karena hidup dari dunia jurnalistik. Dia sempat berkarir di beberapa media cetak nasional, bahkan terakhir pernah menjabat sebagai Pemimpin Redaksi (Pemred) Gatra.

Setelah itu, dia mendapat jabatan di perusahaan pelat merah, yakni menjadi Komisaris PT Pelindo III pada tahun 2016 hingga 2020.

Setelah itu, tepatnya pada tahun 2021 dia diangkat menjadi Komisaris PT Pertani oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Kekinian, Heddy masih menjabat sebagai komisaris di PT Sang Hyang Seri yang merupakan BUMN pangan yang sudah dilebur menjadi satu dari beberapa perusahaan pangan milik negara.

ARTIKEL LAINNYA