Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ali Masykur: Mahasiswa adalah Agent of Change Wujudkan Perilaku Antikorupsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Sabtu, 10 September 2022, 10:19 WIB
Ali Masykur: Mahasiswa adalah <i>Agent of Change</i> Wujudkan Perilaku Antikorupsi
Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), Ali Masykur Musa/Net
rmol news logo Kampus merupakan tempat untuk menempa mahasiswa menjadi generasi idealis. Oleh karenanya, perlu dipersiapkan dengan matang agar mahasiswa melanjutkan estafet generasi yang bersih dari korupsi.

Demikian disampaikan Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), Ali Masykur Musa dalam program Kuliah Iftitah di UIN Raden Fatah Palembang yang mengangkat tema "Peran Mahasiswa dalam Membangun Negeri Antikorupsi Menuju Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat".

"Kegiatan ini sangat penting, karena Indonesia hari ini masih memiliki indeks antikorupsi yang belum baik di antara negara yang lain," kata Ali Masykur yang juga Komisaris Utama PT Pelni (Persero) dalam keterangannya, Sabtu (10/9).

Merujuk indeks antikorupsi yang dinilai belum maksimal itu, para mahasiswa harus dikenalkan sejak dini untuk membuat kegiatan pendidikan yang menanamankan nilai-nilai antikorupsi.

Cak Ali menambahkan, sikap antikorupsi di Indonesia juga belum menunjukkan daya tangkal (deterence) yang kuat. Sehingga, perilaku korupsi dinilai perilaku permisif yang mudah dimaafkan.

"Padahal korupsi adalah tindak pidana ordinary crime yang menghancurkan sendi-sendi ekonomi Indonesia. Para pengelola keuangan negara juga harus diberi warning agar tidak melakukan korupsi," imbuh Cak Ali.

Tak hanya itu, ia berpandangan bahwa mahasiswa adalah agent of social change dan akan menjadi pemimpin di kemudian hari. Oleh sebab itu, mahasiswa harus sejak dini diajarkan bersikap antikorupsi sebagai core value yang penting.

"Mahasiswa yang pada saatnya ketika menjadi pemimpin negara jangan bersinggungan dengan urusan korupsi," tandas Cak Ali. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA