Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Surya Paloh Minta Jajaran Turun Atasi Pesoalan Pembangunan Gereja di Cilegon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 12 September 2022, 01:28 WIB
Surya Paloh Minta Jajaran Turun Atasi Pesoalan Pembangunan Gereja di Cilegon
Ketua Umum DPP Nasdem Surya Paloh/Net
rmol news logo Sikap Walikota Cilegon Helldy Agustian yang ikut menolak pembangunan gereja Maranatha di Cikuasa, Cilegon disesali banyak kalangan masyarakat. Pasalnya, Indonesia yang menganut prinsip Bhinneka Tunggal Ika tidak semestinya melarang penganut agama lain yang membangun rumah ibadat.

Ketua DPP Partai Nasdem Surya Paloh menuturkan setiap warganegara Indonesia memiliki hak untuk memeluk agamanya masing-masing secara bebas, sebagaimana yang tertuang dalam amanah konstitusi. Atas dasar hal tersebut, Surya Paloh menyesali langkah Walikota Cilegon yang menolak pembangunan gereja Maranatha.

"Menyesalkan langkah yang diambil Wali Kota Cilegon yang memberikan dukungan terhadap petisi penolakan pendirian Gereja HKBP di Kota Cilegon,” kata Surya Paloh lewat keterangan tertulisnya, Minggu (11/9).

Menurutnya, rencana pendirikan Gereka HKBP di Kota Cilegon telah mendapatkan izin dari pemerintah desa, demikian juga dari masyarakat setempat. Dengan demikian, sudah semestinya izin turun dari pemimpin kota.

"Jika pun masih ada masalah yang mengganjal maka selesaikanlah semua itu dengan penuh kebijaksanaan dan tanggung jawab sebagai kepala daerah yang harus berlaku adil terhadap seluruh warganya. Inisiasilah berbagai ruang dialog agar, selain masalah bisa segera selesai, musyawarah pun kembali menjadi tradisi dalam kehidupan sosial kita,” ucapnya.

Surya Paloh mendorong segenap aparatur negara, pemimpin berwenang, serta tokoh masyarakat untuk memberikan kontribusinya bagi penyelesaian masalah ini. Sebisa mungkin redam segala potensi penggunaan politik identitas dalam kasus di Cilegon menjelang Pemilu 2024 nanti.

"Partai Nasdem mengamanatkan kepada Pengurus DPD Nasdem Kota Cilegon untuk berpartisipasi aktif dalam upaya penyelesaian masalah yang terjadi lewat pendekatan-pendekatan Politik Kebangsaan,” katanya.

Pihaknya mengajak seluruh elemen bangsa, khususnya warga Kota Cilegon, untuk senantiasa menjaga ketertiban, ketentraman, serta keharmonisan sosial di tengah kehidupan bersama antar umat beragama.

"Partai NasDem mengajak seluruh warga bangsa untuk menghidupkan semangat dialog, toleransi, dan gotong royong dalam upaya menyelesaikan setiap masalah di tengah kehidupan sosial kita,” tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA