Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jawab PSSI, Wagub DKI Pastikan JIS Berstandar Internasional

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 12 September 2022, 15:32 WIB
Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mencuri perhatian usai menyebut Stadion Jakarta International Stadium  (JIS) tak layak menggelar pertandingan FIFA match day Timnas Indonesia vs Curacao pada pada 27 September 2022 mendatang.

Menjawab hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan bahwa Stadion JIS yang berada di Jakarta Utara sudah memenuhi standar internasional.

"Jadi teman-teman dari PSSI ingin bahwa JIS itu memenuhi standar internasional. Sebetulnya JIS itu dibuat tidak hanya bagus, megah, juga memenuhi standar internasional," katanya di Balaikota DKI Jakarta, Senin (12/9).

Sebelumnya PSSI mengklaim infrastruktur JIS belum layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety dan Security PSSI, Perimeter tribune JIS perlu pengkajian ulang.

Selanjutnya pagar perimeter di bawah concourse barat ada yang tidak kokoh dan sarana prasarana pendukung seperti kantong parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar.

"Nanti ada beberapa yang memang harus disempurnakan, kita akan sempurnakan. Secara umum JIS itu tidak hanya baik dan megah, tapi juga kapasitasnya besar dan memenuhi standar internasional," tegas Ariza.

Di sisi lain, PT Jakarta Propertindo alias Jakpro menerangkan, JIS dirancang oleh Buro Happold, konsultan perencana dari Inggris yang memiliki pengalaman internasional dalam merancang stadion-stadion sepakbola modern di Liga Inggris, seperti Tottenham Hotspurs Stadium di London, serta perancangan beberapa stadion Piala Dunia Qatar 2022.

“JIS merupakan salah satu stadion yang mirip dengan stadion di Eropa baik secara desain maupun fasilitas. Selain itu, Jakpro juga didampingi langsung oleh Assessor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan,” kata Plt. Direktur Proyek JIS, Arry Wibowo.

JIS, menurut Arry, sudah memenuhi kriteria rekomendasi teknis dan persyaratan stadion sepakbola standar FIFA.

ARTIKEL LAINNYA