Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Mulai Mendekat ke Patung Kuda, Massa Gebrak Masih Berorasi di Dekat Kementerian ESDM

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 13 September 2022, 12:57 WIB
Mulai Mendekat ke Patung Kuda, Massa Gebrak Masih Berorasi di Dekat Kementerian ESDM
Massa Gebrak mulai mendekati kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat/RMOL
Ribuan buruh hingga mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) telah tiba di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Selasa siang (13/9).

Kedatangan mereka dalam rangka melakukan unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL di lokasi sekitar pukul 12.25 WIB, massa dari Gebrak masih berorasi di seberang Kementerian ESDM.

Sementara itu, aparat keamanan masih berjaga-jaga di sekitaran bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

Massa Gebrak sebelumnya melakukan longmarch dari International Labour Organization (ILO) di Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, menuju Patung Kuda Arjuna Wiwaha, dekat Istana Negara.

Koordinator GEBRAK, Nining Elitos menyesalkan sikap pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi. Sebab, hal itu bisa menimbulkan efek domino terhadap kebutuhan pokok rakyat.

“Situasi semakin sulit, kaum buruh, tani, dan rakyat secara umum, berbagai kebutuhan harga-harga semakin melambung tinggi. Turunkan BBM, turunkan harga-harga, cabut Omnibus Law,” tegas Nining kepada wartawan saat ditemui di lokasi, Selasa (13/9).

Adapun, elemen yang tergabung dalam Gebrak yang berunjuk rasa hari ini antara lain Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH-J), Konfederasi Serikat Nasional (KSN), Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS).

Kemudian Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), BEM SI Kerakyatan, BEM SI Rakyat Bangkit, BEM UPN VJ, dan sejumlah elemen lainnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA