Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Gunakan Pendekatan Mitigasi Antisipasi Serangan Siber

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 13 September 2022, 14:58 WIB
KPU Gunakan Pendekatan Mitigasi Antisipasi Serangan Siber
Anggota KPU RI Idham Holik/RMOL
rmol news logo Potensi serangan siber terhadap sistem informasi yang dibangun Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah diduga dan diantisipasi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Anggota KPU RI Idham Holik menjelaskan, pihaknya telah menerima masukan dari Komisi II DPR RI terkait dugaan pembobolan 105 juta data pemilih oleh hacker bernama Bjorka.

"Kami mengapresiasi yang disampaikan Komisi II DPR RI. Itu mewujudkan bahwa kita semua memiliki perhatian tinggi kepada keamanan data, khususnya yang berkaitan dengan Pemilu," ujar Idham kepada wartawan, Selasa (13/9).

Mantan anggota KPU Provinsi Jawa Barat ini menguraikan, serangan siber seperti yang dilakukan hacker Bjorka sudah dipikirkan KPU RI.

"Karena dalam perkembangan teknologi informasi, potensi-potensi terganggunya keamanan sistem dari sebuah sistem informasi itu harus diantisipasi," katanya.

Karena itu, Idham yang mengepalai Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu memastikan strategi antisipasi sudah disiapkan KPU RI apabila terjadi serangan siber.

"Dan tentunya kami sebagai penyelenggara pemilu sudah kami antisipasi, sudah kami rencanakan sebelum situasi seperti hari ini terjadi," ucapnya.

"(Tapi) pendekatannya bukan pendekatan reaktif, tapi pendekatan mitigatif," demikian Idham menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA