Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DKPP Kedepankan Strategi Pencegahan Pelanggaran Etik Penyelenggara Pemilu di 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 16 September 2022, 13:27 WIB
DKPP Kedepankan Strategi Pencegahan Pelanggaran Etik Penyelenggara Pemilu di 2024
Ketua DKPP RI Heddy Lugito usai beraudiensi dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian/RMOL
rmol news logo Strategi pencegahan akan menjadi cara yang paling utama dipakai Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk mengurangi angka pelanggaran etik oleh penyelenggara pemilu.

Ketua DKPP RI Heddy Lugito menyampaikan hal tersebut seusai beraudiensi dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (16/9).

"Ke depan kita lebih mengedepankan pencegahan dibanding penanganan," ujar Heddy.

Menurutnya, keberhasilan kerja DKPP sebagai lembaga yudisial etik pemilu bisa dilihat dari jumlah penanganan perkara dugaan pelanggaran etik yang menurun.

"Bukan karena banyaknya penanganan perkara, bukan karena banyaknya pelanggaran perkara, tapi makin banyak berkurangnya," tutur Heddy.

"Kalau makin banyak berkurangnya penanganan perkara ya DKPP berhasil, tapi kalau makin banyak berarti kita gagal," sambungnya.

Maka dari itu, Heddy memastikan ke depannya DKPP akan lebih mengedepankan strategi pencegahan dengan cara mensosialisasikan norma-norma pelanggaran etik kepada penyelenggata pemilu, baik itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Kerjasama (akan dilakukan) dengan lembaga lain termasuk KPU dan Bawaslu agar menertibkan anggotanya tetap setia pada kode etik pemilu," demikian Heddy. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA