Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei: Gelora, Partai Ummat hingga Masyumi Parpol Baru yang Paling Populer dan Disukai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 16 September 2022, 14:51 WIB
Survei: Gelora, Partai Ummat hingga Masyumi Parpol Baru yang Paling Populer dan Disukai
Ilustrasi/Net
rmol news logo Favorabilitas atau kepopuleran dan tingkat kesukaan publik, khususnya terhadap partai-partai politik baru yang akan berlaga di Pemilu Serentak 2024 ikut menjadi materi survei terbaru Indopol.

Direktur Eksekutif Indopol Ratno Sulistiyanto memaparkan, ada beberapa parpol yang memang sudah dan ataupun gagal terdaftar sebagai calon peserta Pemilu Serentak 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tercatat memiliki favorabilitas tertinggi di surveinya kali ini.

"Potensi partai politik baru dalam Pemilu 2024, yang memiliki popularitas dan kesukaan cukup di mata publik adalah pertama Partai Gelora dengan popularitas 14,31 persen dengan kedisukaan sebesar 60,23 persen, dan potensi untuk dipilih sebesar 1,7 persen," ujar Ratno dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/9).

Selain Partai Gelora yang memang sudah terdaftara sebagai calon peserta Pemilu Serentak 2024 di KPU RI, Ratno juga mencatat favorabilitas cukup tinggi publik ada di Partai Ummat yang didirikan tokoh Reformasi Amien Rais.

"Partai Ummat punya popularitas 13,33 persen dengan kedisukaan sebesar 12,60 persen dan kecil untuk dipilih," paparnya.

Menyusul Partai Ummat, yang juga telah terdaftar sebagai calon peser pemilu adalah Partai Buruh, dengan popularitas sebesar 12,60 persen dengan kedisukaan sebesar 70,32 persen.

"Dan potensinya (partai Buruh) untuk dipilih sebesar 1,29 persen," sambungnya menuturkan.

Sementara itu, di urutan keempat ada Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) yang tercatat mendapat popularitas di survei Indopol sebesar 9,43 persen, dengan kedisukaan sebesar 75,0 persen dan potensi untuk dipilih kecil.

"Sementara di urutan kelima ada Masyumi Reborn dengan popularitas sebesar 8,78 persen dengan kedisukaan sebesar 62,04 persen dan potensi untuk dipilih sebesar 4,63 persen," demikian Ratno menutup.

Responden dalam survei Indopol kali ini berjumlah 1.230 orang dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun para responden dilakukan wawancara secara tatap muka (face to face interview) pada kurun waktu tanggal 24 Juni sampai 1 Juli 2022.

Pengolahan data dalam survei ini dilakukan dengan program SPSS atau Field Survey. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA