Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Mesra di Haul Kiai Ageng Gribig, Airlangga-Ganjar Cek Ombak?

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 17 September 2022, 14:31 WIB
Mesra di Haul Kiai Ageng Gribig, Airlangga-Ganjar Cek Ombak?
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hadir bersama di Haul Kiai Ageng Gribig, Jawa Tengah/Ist
Kebersamaan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ganjar Pranowo dalam Grebeg Apem Yaaqowiyyu Kiai Ageng Gribig di Jatinom, Klaten kemarin menarik perhatian publik.

Apalagi, keduanya juga menjadi kandidat kuat untuk dijagokan dalam pemilihan presiden 2024 mendatang.

Menurut pengamat politik dari Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC), Bagus Balghi, hubungan baik keduanya sudah berlangsung sejak lama.

"Yang membuat menarik, kita tahu bahwa dua sosok ini disebut-sebut dalam daftar kandidat calon presiden mendatang, meski dengan berbagai tantangan yang ada,” tutur Bagus dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/9).

Sebagai Ketum Golkar, Airlangga tentu memiliki peluang lebih besar untuk tampil menjadi calon presiden. Sementara Ganjar, kata dia, masih teganjal rekomendasi partai tempat ia bernaung, yakni PDI Perjuangan meski memiliki elektabilitas yang baik dalam beberapa survei.

Bisa jadi, pertemuan keduanya dalam rangkaian haul Kiai Ageng Gribig tersebut sebagai cek ombak menuju 2024.

Apalagi dalam survei terakhir ARSC, pasangan Airlangga-Ganjar memiliki elektabilitas tertinggi dibanding pasangan lain dalam simulasi tiga pasangan.

"Airlangga-Ganjar elektabilitasnya tinggi ketika berhadapan dengan dua paslon lainnya, yakni Prabowo-Muhaimin dan Puan-Anies. Apalagi Airlangga juga disokong Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang banyak diapresiasi publik," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA