Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kinerja Kapolri Tetap Diapresiasi Meski Diterpa Kasus Ferdy Sambo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 17 September 2022, 23:21 WIB
Kinerja Kapolri Tetap Diapresiasi Meski Diterpa Kasus Ferdy Sambo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Net
rmol news logo Apresiasi tinggi masih diberikan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam mengomandoi Korps Bhayangkara.

Meski Polri sedang diterpa kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo, masyarakat kelas menengah intelektual masih percaya kepada Kapolri.

Demikian dalam temuan survei kerja sama antara Indonesian Publik Institute (IPI), Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), dan Indonesian Club (IC) yang digelar pada 30 Agustus hingga 12 September 2022.

“Gejolak internal membawa beban berat Polri dan Kapolri sendiri. Namun kelas menengah intelektual justru masih memberikan apresiasi positif kepada Kapolri," kata Peneliti LPI, Febri Wahyuni Sabran mengungkap hasil surveinya di Jakarta, Sabtu (17/9).

Tren positif tersebut terjadi karena Jenderal Listyo mampu menjaga stabilitas institusi meski ada berbagai tekanan. Penanganan kasus Sambo pun masih berjalan transparan dan terbuka.

Kapolri berada di urutan ketiga dari pimpinan lembaga dan menteri lain yang paling berpengaruh terhadap pemerintahan Jokowi. Jenderal Listyo mendapat skor 2,38 dengan skala 0 sampai 4.

Di urutan pertama, ada nama Kepala BIN, Jenderal (Purn) Budi Gunawan dengan skor 2,39; Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa 2,38. Menyusul ada Kapolri dengan skor 2,38; Menko Polhukam, Mahfud MD 2,38; dan Menteri Badan BUMN, Erick Thohir 2,38.

Survei ini dilakukan dengan teknik purpose sampling di mana subyek yang dituju sebagai sampel memiliki kriteria khusus, seperti profesi dan bidang keilmuan dengan jumlah sampel 800 responden. Margin of error sebesar 3,5% dan tingkat kepercayaan 95%. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA