Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Moncer di Survei, Pengaruh Erick Thohir di Kabinet Sudah Diakui Komisi VI DPR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 18 September 2022, 10:53 WIB
Moncer di Survei, Pengaruh Erick Thohir di Kabinet Sudah Diakui Komisi VI DPR
Anggota Komisi VI DPR Fraksi Gerindra, Andre Rosiade/Net
rmol news logo Survei yang menempatkan Menteri BUMN, Erick Thohir sebagai salah satu tokoh berpengaruh di pemerintahan Jokowi-Maruf dinilai beralasan.

Anggota Komisi VI DPR Fraksi Gerindra, Andre Rosiade menuturkan, salah satu kerja positif Menteri BUMN adalah program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dianggap mampu mengurangi tingkat pengangguran dan peningkatan pemasukan sektor pendidikan dan kesehatan.

"Pada masa pandemi, KUR juga mendorong ketahanan pelaku UMKM. Berdasarkan riset, pelaku UMKM penerima KUR masih mampu mencatatkan keuntungan di masa pandemi," kata Andre dalam keterangan tertulisnya, Minggu (18/9).

Kinerja lain dari Kementerian BUMN yakni pembenahan Garuda, Krakatau Steel hingga program PNM Mekaar dengan target 20 juta nasabah.

"Jika program PNM Mekaar target 20 juta nasabah berjalan lancar, maka efeknya akan sangat besar. Ibu-ibu dan UMKM yang memutar usaha mampu menciptakan lapangan kerja baru," tambah pengamat komunikasi UI, Fatimah Ibtisam.

Dalam survei kerja sama Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), Indonesian Publik Institute (IPI), dan Indonesian Club (IC) pada 30 Agustus sampai 12 September 2022, Erick Thohir berada di peringkat 5 dari 45 menteri dan pimpinan lembaga tinggi negara yang diurutkan berdasarkan pengaruhnya di kabinet.

Posisi pertama ada Kepala BIN Budi Gunawan dengan skor 2,39, menyusul posisi berikutnya ada Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dengan skor 2,38, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (2,38), Menkopolhukam Mahfud MD (2,38).

"Pak Erick berada di peringkat kelima dari 45 pimpinan lembaga dan para menteri dengan skor 2,38 dengan skala penilaian 0 sampai 4," ujar Peneliti LPI, Febri Wahyuni Sabran, Sabtu (17/9).

Ada lima hal yang diukur dalam survei ini, yakni popularitas, pengaruh, kontroversial, keunikan, relevansi, dan kontribusi pemikiran. Survei melibatkan 800 responden dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen. Sedangkan tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA