Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Chappy Hakim: Pandangan Prof Azyumardi Azra Merefleksikan Keteguhan Prinsip

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 18 September 2022, 19:49 WIB
Chappy Hakim: Pandangan Prof Azyumardi Azra Merefleksikan Keteguhan Prinsip
Foto terakhir Prof Azyumardi Azra (paling kanan) saat menuju ke Malaysia/Ist
rmol news logo Meninggalnya Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra membuat tokoh penerbangan Chappy Hakim merasa kehilangan. Mantan KSAU ini mengaku mengenal sosok Prof Azra dari tulisan-tulisannya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Setelah beberapa kali berkomunikasi langsung dengan Prof Azra, Chappy Hakim mengenal Gurubesar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini sebagai tokoh yang memiliki pemikiran luas dan tokoh akademisi yang berwawasan terbuka.

"Pandangan dan pendapatnya merefleksikan keteguhan prinsip yang kuat diemban sekaligus memancarkan sikap toleransi yang terbalut dalam kerendahan hatinya," demikian kata Chappy Hakim melalui keterangan tertulis, Minggu malam (18/9).

Menurut Chappy, atas keluasan pemikiran Prof Azra, jadi sebab banyak pihak memiliki harapan besar sekali terhadap kemajuan atas kualitas media di Indonesia saat Prof Azra terpilih menjadi Ketua Dewan Pers beberapa bulan yang lalu.

Ia mengenang anggota Dewan Pertimbangan MUI ini sebagai sosok yang menyenangkan saat diskusi. Meski berpengetahuan luas, Chappy menilai, Prof Azra tidak terkesan menggurui.

"Saya tidak pernah lupa betapa beliau tetap menghargai pendapat orang lain walau pada beberapa hal tidak sejalan dengan pemahaman beliau secara pribadi," demikian kenang Chappy.

Ia mengaku kehilangan sosok teladan yang layak disebut guru bangsa. Secara khusus, Direktur Pusat Studi Air Power Indonesia ini berkesan terhadap Pak Azyumardi Azra saat memberikan komentar pada bukunyadi akhir tahun lalu (berjudul Retired but Not Expired).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA