Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ikal UIN Jakarta Sampaikan Duka Mendalam Atas Wafatnya Prof. Azyumardi Azra

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 18 September 2022, 20:58 WIB
Ikal UIN Jakarta Sampaikan Duka Mendalam Atas Wafatnya Prof. Azyumardi Azra
Ketum Ikaluin Jakarta, Ace Hasan Syadzily (kanan) dalam kegiatan Takziah Virtual untuk Prof Azyumardi Azra/Repro
rmol news logo Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri (Ikaluin) Syarif Hidayatullah Jakarta menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya Profesor Azyumardi Azra.

Ucapan itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Ikaluin Jakarta, Ace Hasan Syadzily dalam kegiatan Takziah Virtual yang diselenggarakan oleh Ikaluin Jakarta untuk mendoakan Profesor Azyumardi yang dilakukan melalui Zoom meeting dan siaran langsung di kanal YouTube Ikaluin Jakarta pada Minggu malam (18/9).

Ace mengatakan, atas nama Ikaluin Syarif Hidayatullah Jakarta menyampaikan duka yang sangat mendalam atas wafatnya Profesor Azyumardi pada siang tadi di Malaysia.

"Kami dari Ikaluin sesungguhnya sudah berinisiatif sebagaimana yang sudah disampaikan oleh Profesor Euis bahwa tadi pagi kita bersepakat untuk melakukan doa bersama untuk kesembuhan almarhum, namun takdir menyatakan lain, ternyata Profesor Azyumardi Azra lebih disayang Allah SWT dengan dipanggil terlebih dahulu," ujar Ace.

Dengan demikian kata Ace, atas inisiatif Ikaluin Jakarta, maka pada malam ini atas seizin dari Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Profesor Amany Lubis dan telah berkomunikasi dengan putra almarhum Azyumardi, Firman menyelenggarakan Takziah Virtual untuk mendoakan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 1998-2006 ini.

"Kami merasa bahwa Profesor Azyumardi Azra ini bukan hanya milik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, beliau adalah milik bangsa, dan juga tentu beliau adalah milik kebanggaan dari dunia Islam," katanya.

Karena itu kata Ace, apa yang telah dilakukannya, karya-karya intelektual kaliber internasional yang telah ditorehkan oleh Profesor Azyumardi yang juga merupakan Ketua Dewan Pers ini akan selalu dikenang menjadi satu kebanggaan, inspirasi bagi seluruh alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan seluruh bangsa Indonesia.

"Profesor Azyumardi Azra tentu kita kenal dengan berbagai macam prestasi memiliki jaringan internasional yang luar biasa, dan menjadi duta bagi seorang intelektual kelas dunia yang telah menebarkan Islam Indonesia, sehingga Islam Indonesia memiliki kekhasannya sendiri sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, dan tentu ini sangat membanggakan untuk kita semua," jelasnya.

Bagi Ace pribadi, banyak kenangan pribadi dengan Profesor Azyumardi yang sangat intens membimbingnya. Dari mulai sejak mahasiswa ketika Ace menjadi Presiden Mahasiswa, dan Asyura waktu itu menjadi Rektor IAIN menuju Syarif Hidayatullah Jakarta.

"Ada banyak tentu kenang-kenangan yang tidak bisa kami balas kebaikannya beliau. Dan tentu sebagai Ketua Umum Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di mana Almarhum adalah Ketua Dewan Pakar Ikatan Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sangat menginspirasi bagi kita semua," terang Ace.

Bahkan, Ace mengatakan, Profesor Azyumardi bukan hanya milik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, melainkan juga milik bangsa, dan bahkan milik umat Islam dunia.

"Jadi karena itu Bapak Ibu sekalian, tentu dari virtual zoom yang kita laksanakan hari ini ada banyak yang WA ke saya tidak bisa bergabung karena kapasitasnya hanya seribu, jadi kami mohon maaf, dan kami menyediakan live streaming untuk kegiatan doa bersama untuk Profesor Azyumardi Azra," tuturnya.

"Saya kira demikian Bapak Ibu sekalian, sekali lagi mohon doanya untuk guru kita, untuk sahabat kita, untuk Profesor kita, semoga Allah menempatkan beliau di alam Surganya, dan kita semua dapat terus melanjutkan tradisi intelektual yang terus dibangun oleh beliau," sambungnya menutup.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA