Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Pisah dengan Emil di Pilgub Jatim 2024, Khofifah Potensial Gandeng Achmad Fauzi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 20 September 2022, 03:58 WIB
Jika Pisah dengan Emil di Pilgub Jatim 2024, Khofifah Potensial Gandeng Achmad Fauzi
Rilis survei ARCI/RMOLJatim
rmol news logo Hasil simulasi survey Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyebutkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Achmad Fauzi memperoleh suara cukup besar seandainya Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur digelar saat ini.

Berdasarkan simulasi tertutup terhadap tiga pasangan, duet Khofifah Indar Parawansa-Achmad Fauzi memperoleh dukungan 40,1 persen. Disusul pasangan Emil Elestianto Dardak-Fauzan Fuadi 17,2 persen, lalu pasangan Heru Tjahjono-Eri Cahyadi 10,5 persen. Sedangkan yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 32,2 persen.

Direktur ARCI Baihaki Siratj mengatakan, duet Khofifah-Fauzi mempunyai peluang cukup besar jika digandengkan dalam simulasi pasangan Pilgub. Faktor itu dipengaruhi karena Bupati Sumenep itu adalah toko milenial berprestasi yang punya basis massa cukup besar.

"Karena harus bergandengan milineal, terutama PDIP dan tokohnya ada pada mas Fauzi, itu bisa mendongkrak perolehan suara," kata Baihaki di sela rilis survey ARCI, di Surabaya, Senin (19/9).

Menurut Baihaki, alternatif itu merupakan pilihan politik paling realistis, seandainya duet Khofifah-Emil tidak berlanjut di Pilgub Jatim 2024 mendatang. Khofifah harus mencari kader dari PDIP untuk mengamankan suara nasionalis dan di Madura.

"Seandainya melepas Emil, maka harus mengambil sosok PDIP yang milenial dan punya prestasi," jelasnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Pada simulasi nama Cawagub, kata Baihaki, elektabilitas Achmad Fauzi juga terus mengalami kenaikan, yakni 4,7 persen. Sedangkan pada survei periode sebelumnya, bupati berciri khas menggunakan blangkon itu hanya 2,08 persen.

"Tokoh muda yang punya elektabilitas tinggi seperti Emil Elistianto Dardak dan Achmad Fauzi sangat berpotensi untuk dijadikan calon Wakil Gubernur," tutupnya.

Survei ARCI dilakukan pada 5-12 September. ARCI menggunakan metodologi multistage random sampling dengan 1.200 responden. Survei ini memiliki margin of eror sebesar -+2,8 Persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA