Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pimpin Pemakaman Prof Azra, Muhadjir Effendy: Khasanah Intelektual Beliau Sangat Bermakna

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 20 September 2022, 10:35 WIB
Pimpin Pemakaman Prof Azra, Muhadjir Effendy: Khasanah Intelektual Beliau Sangat Bermakna
Pemakaman Prof Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Selasa, 20 September 2022/RMOL
Upacara pemakaman almarhum Prof Azyumardi Azra di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa pagi (20/9), dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Berdasarkan pantauan Kantor Berita Politik RMOL di lokasi, juga hadir sejumlah tokoh seperti mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, mantan Menteri Agama Lukman Hakim, hingga mantan Menteri Bidang Kesejahteraan Rakyat Indonesia era Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Alwi Shihab.

Dari kalangan politisi yang hadir, Akbar Tandjung merupakan politisi senior Partai Golkar yang pernah menjabat sebagai Ketua DPR RI, serta hadir pula politisi muda yang dikenal sebagai Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) di lokasi pemakaman.

Saat ditemui usai upacara pemakaman, Muhadjir menyampaikan suka cita yang mendalam atas berpulangnya Prof Azra yang juga dikenal sebagai cendekiawan Muslim yang memiliki banyak karya tulis.

"Saya selaku pribadi, keluarga maupun atas nama pemrintah mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya, atas wafatnya Bapak Profesor Dr. Azyumardi Azra, salah satu ilmuwan kita, yang memiliki reputasi akademik intergritas yang tidak diragukan lagi," ujar Muhadjir.

Mantan Menteri Ristek Dikti ini menyampaikan rasa takjubnya terhadap sosok Ketua Dewan Pers itu, mengingat dalam hidupnya telah memberikan sumbangsih yang sangat berarti bagi keilmuan Indonesia.

"Sangat kehilangan atas pemberian beliau, karena khasanah intelektual yang telah dia bangun, yang  beliau bangun sangat bermakna sekali bagi kemajuan bangsa ini, khususnya yang didalam bidang sosial, kebudayaan, plus ilmuwan keislaman," paparnya.

Lebih lanjut, Muhadjir menyampaikan doa dan harapan atas berpulangnya mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

"Mudah-mudahan beliau mendapatkan kedudukan yang mulia di sisi tuhan yang maha kuasa, dengan membawa seluruh amal kebajikannya," ucapnya.

"(Semoga) keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, kesabaran dan betul-betul mengikhlaskan agar beliau betul-betul tidak terhalang di dalam perjalanan," demikian Muhadjir.

ARTIKEL LAINNYA