Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Hadiri Pemakaman Azyumardi Azra, JK Kenang 10 Tahun Kerja Bareng

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 20 September 2022, 11:04 WIB
Hadiri Pemakaman Azyumardi Azra, JK Kenang 10 Tahun Kerja Bareng
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri pemakaman Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra/RMOL
Wafatnya Ketua Dewan Pers, Almarhum Prof. Azyumardi Azra pada Senin kemarin (19/9) menjadi duka yang mendalam bagi semua kalangan, termasuk salah satunya mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

JK yang hadir dalam upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa pagi (20/9), mengenang masa-masa kebersamaannya dengan Prof. Azra.

"Dalam kesempatan ini kami semua tentu merasa sedih dan juga belasungkawa berpulangnya tokoh kita, tokoh ilmiah, tokoh masyarakat, tokoh ulama yang telah berbakti kepada bangsa sedemikian banyaknya," ujar Kalla.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini mengingat panggilan akrabnya kepada Prof. Azra yang pernah menjadi stafnya saat dia menjabat menjadi Wakil Presiden (Wapres) RI selama dua periode, yakni di masa pemerintahan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan masa pemerintahan Presiden Joko Widodo periode pertama.

"Beliau 10 tahun menjadi staf saya di Wakil Presiden, kedua kalinya. Dan Pak Azyumardi, Edi sering dipanggil, ikut memberikan saran-saran memberikan uraian atau analisa yang baik untuk kemasyarakatan, masalah sosial, masalah kegamaan," kenangnya.

Atas rasa kehilangannya, Kalla turut menyampaikan doa untuk sosok yang dikenal sebagai cendekiawan muslim ini.

"Dan tentu kita harapkan, kita selalu mendoakan arwah beliau di sisi Allah SWT, di tempat yang tinggi," tutup Kalla.

ARTIKEL LAINNYA