Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kawal Nasib Tenaga Kesehatan, Komisi IX Bentuk Panja Tenaga Kerja Honorer

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 21 September 2022, 16:41 WIB
Kawal Nasib Tenaga Kesehatan, Komisi IX Bentuk Panja Tenaga Kerja Honorer
Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati/Net
rmol news logo Komisi IX DPR RI memutuskan membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk mengawal nasib tenaga kerja honorer khususnya di lingkungan mitra Komisi IX yakni tenaga kerja honorer bidang kesehatan di Kemenkes dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di BKKBN.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal ini disampaikan anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati menanggapi rencana pemerintah menghapus dan menata tenaga kerja honorer di lingkungan pemerintah maksimal pada November 2023.

Kurniasih mengatakan, Panja Tenaga Kerja Honorer di Komisi IX sudah dua bulan bekerja. Pembentukan Panja ini sebagai tahap awal dan bentuk kepedulian dan tanggung jawab moril Komisi IX memperhatikan tenaga honorer.

Terutama, kata dia, dalam memberikan apresiasi pada pengabdikan dan kontribusi tenaga honorer khususnya tega kesehatan yang bertaruh nyawa selama dua tahun terakhir menangani pandemi Covid-19.

"Rasanya tidak adil kalau pandemi menurun tapi dilupakan begitu saja pengorbanan tenaga kerja honorer kita," ujar Kurniasih dalam keterangannya, Rabu (21/9).

Kurniasih yang dipercaya sebagai Ketua Panja Tenaga Honorer mengatakan, pihaknya sudah melakukan dengar pendapat dengan tenaga kerja, mengumpulkan data persoalan dan uneg-uneg dari pekerja honorer.

"Panja juga sudah melakukan kunjungan ke provinsi yang memiliki banyak tenaga kerja honorer seperti Jabar, Jateng dan Jatim dan berdialog dengan Pemprov," terangnya.

Lanjut Legislator PKS ini, kepedulian terhadap tenaga kerja honorer tidak hanya di lingkup mitra Komisi IX seperti di Kemenkes dan BKKBN tapi juga tenaga kerja honorer di bidang lainnya.

Sebab itu Komisi IX mengadakan pertemuan lintas komisi seperti Komisi II yang menjadi leading sector karena bermitra dengan Kemenpan-RB dan Kemendagri.

"Kita sudah mendorong dibentuknya Pansus Tenaga Kerja Honorer dengan menggandeng Komisi II, Komisi IX, Komisi IV dan Komisi X karena masing-masing mitranya memiliki tenaga kerja honorer seperti guru dan di bidang pertanian," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA