Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sebagai Solusi, Penyaluran Bansos BBM Harus Dikawal Agar Tak Dikorupsi

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 22 September 2022, 17:06 WIB
Sebagai Solusi, Penyaluran Bansos BBM Harus Dikawal Agar Tak Dikorupsi
Koordinator Pusat BEM Nusantara, Ahmad Supardi/Ist
Bantuan sosial (Bansos) bisa menjadi solusi dari pemerintah dalam mengurangi dampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM). Tetapi, penyaluran bansos tetap harus dikawal agar tepat sasaran.

Untuk memastikan bansos disalurkan tepat sasaran, Aliansi Badan Eksekutif Nusantara (BEM) Nusantara berkomitmen mengawasi pendistribusiannya, agar tidak ada penyelewengan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“BEM Nusantara tegaskan bahwa solusi yang diberikan pemerintah akan kita awasi seperti bantuan sosial yang mulai hari ini telah diluncurkan oleh pemerintah, agar tepat sasaran," ujar Koordinator Pusat BEM Nusantara, Ahmad Supardi dalam keterangannya, Kamis (22/9).

Supardi berharap, penyaluran bantuan sosial kali ini akan benar-benar diterima oleh masyarakat yang terdampak, serta tidak akan dikorupsi seperti yang terjadi pada program bantuan sosial saat masa pandemi Covid-19.

Dia mengakui, penyesuaian harga BBM menjadi pukulan keras bagi masyarakat kecil. Sebab, hampir seluruh bidang terdampak, mulai dari harga bahan pangan yang naik hingga adanya kenaikan tarif berbagai moda transportasi.

BEM Nusantara, tegas Supardi, akan terus meminta pendapat dari para mahasiswa, akademisi, dan kalangan ahli, untuk bisa mencetuskan gagasan yang bisa menjadi masukan untuk pemerintah dalam mengambil keputusan terkait penyesuaian harga BBM.

"Kita coba cari win-win solution, apa maksud dari pemerintah menaikkan harga BBM sehingga nantinya mahasiswa bisa menerima dan memberikan masukan yang selaras, lalu pemerintah tidak memberatkan masyarakat," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA