Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Praktisi: Bantuan Nontunai Lebih Berpotensi Ciptakan Lapangan Kerja Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 22 September 2022, 17:05 WIB
Praktisi: Bantuan Nontunai Lebih Berpotensi Ciptakan Lapangan Kerja Baru
Ilustrasi Kartu Prakerja/Net
rmol news logo Program bantuan nontunai diyakini akan membuka lapangan kerja baru di Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seperti program Kartu Prakerja, bantuan berupa pelatihan dan keterampilan diyakini akan menciptakan pekerjaan dan bisnis baru melalui usaha kecil menengah.

Gurubesar Universitas Pancasila, Prof Sri Widyastuti menuturkan, ia mempelajari kebiasaan masyarakat di masa pandemi Covid-19 yang banyak bertransaksi secara daring.

"Apa pun yang dijual online pasti laku, nah di sana tentu ada keterampilan yang diberikan kepada masyarakat terdampak PHK. Ketika masyarakat dikasih bantuan berupa pelatihan, ide kreativitas dan gagasan itu bisa muncul," jelas Prof Sri dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/9).

Baginya, bantuan nontunai saat ini dianggap paling tepat untuk menghasilkan wirausahawan baru.

"Bantuan tunai sebulan, dua bulan bisa habis, tapi kreativitas inovasi untuk mengembangkan gagasan step by step dapat terus berkembang," sambungnya.

Selain Prakerja, bantuan nontunai lain yang dinilai positif adalah kartu keluarga sejahtera. Program bantuan ini memberikan pelatihan dan keterampilan kepada masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok melalui elektronik warung atau E-warung.

"Realisasinya, ketika masyarakat tidak menggunakan haknya melalui pembelian di marketplace, maka dananya akan terakumulasi, sehingga dapat dimanfaatkan ketika terdampak berikutnya," tutup Prof Sri. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA