Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ada 400 Orang Tim Luar di Kemendikbud, Imam Shamsi Ali: Kenapa Harus Ada Organisasi Bayangan?

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 22 September 2022, 23:09 WIB
Ada 400 Orang Tim Luar di Kemendikbud, Imam Shamsi Ali: Kenapa Harus Ada Organisasi Bayangan?
Cuplikan video penjelasan Nadiem Makarim tentang 400 tim product manager/Repro
Penjelasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim tentang adanya 400 orang sebagai product manager di kementeriannya mendapat sorotan.

Uraian Nadiem dalam video berdurasi 45 detik, empat ratus orang itu menjadi mitra tukar pikiran struktur Kemendikbud seperti Dirjen dan struktur lainnya.

Merespons hal itu, President of Nusantara Foundation & MFA, Imam Shamsi Ali menyampaikan kritik. Ia mengaku heran ada organisasi bayangan di Kemendikbud yang seolah memiliki kekuatan untuk menentukan segalanya.

"Apa organisasi itu? And who really the people in control? Kenapa harus ada organisasi shadow lalu Kementerian dan jajarannya jadi apa?" demikian pertanyaan Imam Shamsi Ali dalam laman Twitter pribadinya, Kamis malam (22/9).

Nadiem menjelaskan bahwa empat ratus orang yang membantu Kemendikbud dalam memverifikasi program yang akan dikerjakan oleh struktur birokrasi Kemendikbud.

Dijelaskan Nadiem, tim itu berisi software engineer dan data scientist. Mereka difungsikan untuk mendesain seluruh program Kemendikbud.

ARTIKEL LAINNYA