Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gde Siriana: Dewan Kopral Dimunculkan Cuma untuk Tinggikan Posisi Tawar Capres PDIP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 23 September 2022, 21:42 WIB
Gde Siriana: Dewan Kopral Dimunculkan Cuma untuk Tinggikan Posisi Tawar Capres PDIP
Dewan Kolonel dan Dewan Kopral/RMOL
rmol news logo Kemunculan Dewan Kopral yang disebut-sebut untuk menyaingi Dewan Kolonel yang mengendorse Puan Maharani untuk menjadi capres dari PDI Perjuangan, dianggap hanya untuk menambah posisi tawar sosok yang akan diusung partai ini pada Pilpres 2024.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Analisis tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Future Studies, Gde Siriana Yusuf, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (23/9).

Mulanya Gde Siriana menjelaskan, kemunculan Dewan kolonel dan Dewan Kopral yang seolah-olah saling bersaing dalam hal menjagokan figur kader partai banteng moncong putih tidak terlalu dipusingkan sang ketum, Megawati Soekarnoputri.

"Dibiarkan saja bermain sambil bersaing. Artinya Megawati tetap akan menonton, dan pada saat yang tepat nanti jelang pencalonan resmi, biasanya baru umumkan," ujar Gde Siriana.

Dari situ, Komite Eksekutif Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) ini berpendapat, baik itu Puan Maharani yang disuaraka maju nyapres oleh Dewan Kolonel, ataupun Dewan Kopral yang disinyalir bakal menyuarakan Ganjar Pranowo sebagai capres, hanya untuk meninggikan daya tawar kepada parpol besar lain yang kemungkinan bisa diajak berkoalisi.

"Elit partai Politik kita kan sering bertindak tiba-tiba sesuai dorongan material dan jabatan.Jadi ini masih permainan panjang," tuturnya.

"Saat ini saya nilai hanya untuk naikkan bergaining position saja terhadap parpol besar. Juga untuk naikkan elektabilitas partai," demikian Gde Siriana. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA