Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tunaikan Janji Politik, Novermal Sediakan Rumah Singgah untuk Masyarakat Padang yang Kurang Mampu

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 26 September 2022, 19:23 WIB
Tunaikan Janji Politik, Novermal Sediakan Rumah Singgah untuk Masyarakat Padang yang Kurang Mampu
Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Novermal/Repro
Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Novermal langsung menyediakan rumah singgah untuk masyarakat Pesisir Selatan di Kota Padang yakni “Rumah Singgah Novermal". Rumah singgah ini antara lain diprioritaskan untuk masyarakat yang berobat di RSUP M Djamil Padang.

Itu merupakan janji politik Novermal. Setelah dia dilantik menjadi anggota dewan, dia langsung menyediakan rumah singgah yang beralamat di Komplek PGAI Simpang Empat RSUP M Djamil, Jati Kota Padang.

“Kita punya rumah yang itu diperuntukkan tempat singgah masyarakat yang ada urusan di Padang, terutama yang kurang mampu,” ucap Novermal dalam keterangannya, Senin (26/9).

Novermal menegaskan bahwa masyarakat bisa menginap gratis di “Rumah Singgah Novermal” ini.

Selain untuk penginapan bagi masyarakat, rumah singgah Novermal juga digunakan sebagai tempat kegiatan mahasiswa asal Pesisir Selatan.

Rumah singgah Novermal sendiri terdapat empat kamar. Satu kamar untuk mahasiswa yang mengelola rumah singgah, dan tiga kamar lagi untuk tamu. Ada toilet dan kamar mandi. Airnya lancar.

Rumah singgah Novermal tidak ada istilah menolak tamu. Sepanjang ada ruangan, dan mau dengan kondisi yang ada, tamu dipersilahkan menginap sampai urusannya selesai. Menginapnya gratia alias tidak berbayar.

Namun, rumah singgah Novermal sengaja tidak diberi tempat tidur. Hanya disediakan tikar dan kasur untuk pasien. Hal ini dimaksudkan supaya kamar-kamarnya bisa diisi lebih banyak tamu. Bahkan, ruang tamu dan ruang keluarga juga penuh oleh tamu yang berobat di RSUP M Djamil Padang.

Rumah singgah Novermal lebih disukai tamu karena sangat dekat dengan RSUP M Djamil, dan tidak banyak birokrasi. Kewajiban tamu hanya satu, yaitu sama-sama menjaga kebersihan dan kesusilaan.

Selain menyediakan rumah singgah, Novermal yang dipercaya jadi Wakil Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Kabupaten Pesisir Selatan ini  juga memfasilitasi ambulan bagi pasien miskin yang meninggal dunia di RSUP M Djamil Padang.

Dengan menggandeng Baznas Kota Padang dan Baznas Provinsi Sumbar, serta ambulan milik pihak ketiga lainnya, jenazah keluarga miskin itu diantarkan ke rumahnya di Pesisir Selatan tanpa membayar, alias gratis.

Novermal yang juga Pemimpin Umum dan Penanggungjawab media siber Jurnalsumbar.com ini juga mencarikan donasi biaya berobat bagi pasien miskin yang belum punya kartu BPJS Kesehatan atau kartu BPJS Kesehatannya bermasalah.

Untuk ini, selain menggandeng Baznas, Novermal juga menyasar CSR perusahaan-perusahaan yang ada di Sumatera Barat dan person-person yang dermawan.

Sebagai wakil rakyat, Novermal yang juga dipercaya jadi Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Pengurus Pusat Jaringan Media Siber Indonesia berprinsip, tidak boleh lagi ada masyarakat miskin sakit terlantar karena tidak ada biaya berobat. Mereka harus difasilitasi mendapatkan kartu BPJS gratis dan atau donasi dari lembaga pemerintah dan sosial lainnya.

Guna memudahkan masyarakat berkomunikasi dengannya, Novermal yang pernah jadi Pengurus PWI Provinsi Sumbar ini juga membuka hape dan Whatsapp-nya 24 jam. Semua panggilan dan pesan SMS atau WA diresponnya, kecuali sedang acara atau istirahat. Semuanya akan ditelepon balik, dan semua persoalan masyarakat dicarikan jalan keluarnya.

Di rumah singgahnya, Novermal juga memajang nomor hape dan WA-nya. Yaitu, 0853 7298 1970. Nomor ini dibuka dan disebar, supaya masyarakat bisa berkomunikasi dengannya.

Walau sederhana, menginap di rumah singgah jauh lebih baik dari pada tidur di selasar dan kursi-kursi rumah sakit, tegas Novermal Rang Balai Selasa itu.

ARTIKEL LAINNYA