Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zulfikar Dachlan: Setiap Krisis Pasti Ada Peluang, Anak Muda Harus Optimis Cari Jalan Keluar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 28 September 2022, 22:10 WIB
Zulfikar Dachlan: Setiap Krisis Pasti Ada Peluang, Anak Muda Harus Optimis Cari Jalan Keluar
Pengamat ekonomi Mohammad Zulfikar Dachlan/Ist
rmol news logo Relawan Muda Airlangga (RMA) menggelar diskusi publik dengan menggandeng anak muda untuk membedah bagaimana tantangan ekonomi ke depan.

Diskusi bertajuk "Anak Muda, Tantangan Ekonomi dan Politik Kekinian" ini digelar di Cafe Lasalapal, Serpong, Banten, Rabu (28/9).

Salah satu narasumber, pengamat ekonomi Mohammad Zulfikar Dachlan mengungkapkan bahwa salah satu tantangan ekonomi yang tidak dapat dihindari yaitu mengenai krisis ekonomi.

Pasalnya, krisis ekonomi selalu terjadi pada setiap masa. Namun dia mengatakan, justru dari krisis muncul peluang yang harus dimanfaatkan oleh anak muda.

"Dalam setiap krisis pasti ada peluang, jangan terlalu khawatir, anak muda harus optimis cari jalan keluar," jelasnya.

Zulfikar Dachlan lantas memberikan contoh terkait peluang yang muncul dari krisis. Yakni pada krisis moneter (krismon) tahun 1998 yang menjadikan Chairul Tanjung (CT) dan Sandiaga Uno bisa menjadi pemain utama bisnis di Indonesia.

"Sebagai contoh pada krisis ekonomi 1998, orang belum mengenal CT atau Sandiaga Uno. Krisis menjadikan mereka sekarang  central point perekonomian Indonesia," jelasnya.

Zulfikar Dachlan juga mengungkapkan fenomena startup sebagai salah satu cara anak muda menjawab tantangn ekonomi.

"Bicara startup, terbukti, bahwa startup bisa menghasilkan orang kaya baru," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, terkait startup ini, generasi muda perlu mempelajari tidak hanya kesuksesannya, tapi juga kegagalannya.

"Anak muda yang harus dipelajari dari orang sukses yaitu ketika dia mengalami kegagalan, mengapa gagal, dan bagaimana menghadapi kegagalan itu," jelasnya.

Dia pun mengambil contoh perjalanan Gojek dari startup yang hampir gagal, namun terus berjuang mencapai kesuksesan seperti saat ini. Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pemerintah telah berupaya menjawab tantangan krisis yang sedang dihadapi saat ini. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA