Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pendapatan Negara Tumbuh 49 Persen, Jokowi: Terima Kasih Para Pembayar Pajak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 29 September 2022, 14:43 WIB
Pendapatan Negara Tumbuh 49 Persen, Jokowi: Terima Kasih Para Pembayar Pajak
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di acara United Overseas Bank (UOB) Economic Outlook 2023 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta/Net
rmol news logo Pemulihan ekonmomi Indonesia diklaim masih kuat meski berada di tengah ketidakpastian situasi dunia.

Berbagai indikator seperti realisasi pendapatan negara yang didorong tumbuhnya pendapatan pajak, angka optimisme konsumen, hingga indeks manufaktur menunjukkan angka yang menggembirakan.

“Kita lihat realisasi pendapatan negara mencapai Rp 1.764 triliun, ini tumbuh 49 persen year on year (yoy)," kata Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan di acara United Overseas Bank (UOB) Economic Outlook 2023 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (29/9).

Presiden Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat pembayar pajak. Sebab hingga kini, penerimaan pajak telah mencapai Rp 1.171 triliun atau tumbuh 58 persen.

"Para pembayar pajak, saya ingin mengucapkan terima kasih karena penerimaan pajak tumbuh 58 persen. Artinya, pembayar pajak masih ada dan justru tumbuh 58 persen,” lanjut Jokowi.

Pendapatan negara juga didorong oleh penerimaan bea cukai sebesar Rp 206 triliun, tumbuh 30,5 persen. Selain itu, realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) juga tumbuh 38,9 persen menjadi sebesar Rp386 triliun.

“Artinya, masyarakat masih konsisten dan memiliki kemampuan dalam hal tadi yang saya sampaikan,” tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA