Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mamit Setiawan: Pengelolaan Energi Migas Indonesia Belum Sepenuhnya Keberlanjutan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 29 September 2022, 17:09 WIB
Mamit Setiawan: Pengelolaan Energi Migas Indonesia Belum Sepenuhnya Keberlanjutan
Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan/Net
rmol news logo Permasalahan energi minyak dan gas (Migas) di Indonesia memiliki permasalahan yang kompleks. Salah satunya, dari segi pengelolaan masih bersifat parsial dan belum sepenuhnya berkelanjutan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu yang disampaikan Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan dalam acara diskusi virtual bertemakan Kenaikan Harga BBM dan Realokasi Subsidi Tepat Sasaran untuk Rakyat, Kamis (29/9).

“Pengelolaan energi itu masih bersifat parsial dan belum sepenuhnya berkelanjutan dan harus memperhatikan kondisi lingkungan kita,” kata Mamit.

Selain itu, lanjut Mamit, pengelolaan minyak dan gas masih bersifat pendek dan juga menengah di mana energi fosil sebagai devisa negara.

“Hal itu juga disampaikan juga dengan Bang Angelo, energi fosil ini masih menjadi faktor utama dalam penerimaan negara,” imbuhnya.

Menurutnya, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari sektor energi terutama fosil, Migas, batubara, menopang paling besar dalam APBN.

“Yang tidak bisa kita pungkiri kembali bahwa dengan adanya kenaikan harga komoditas secara global baik minyak batubara mineral lain itu memang bisa memberikan masukan yang lebih besar PNBP bagi negara,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA