Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peserta Pemilu 2024 Harus Mampu Penuhi Ekspektasi Pemilih Muda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 30 September 2022, 08:51 WIB
Peserta Pemilu 2024 Harus Mampu Penuhi Ekspektasi Pemilih Muda
Ilustrasi/Net
rmol news logo Seluruh partai politik peserta Pemilu 2024 dituntut mampu memenuhi ekspektasi para pemilih muda yang menginginkan adanya perubahan. Termasuk mampu menghadirkan sosok pemimpin yang percaya diri terhadap visi dan misinya untuk mensejahterakan bangsa serta mampu menyelesaikan masalah di masa krisis.

Tuntutan ini merupakan sebuah keharusan, sebab menurut hasil survei CSIS, jumlah pemilih muda pada Pemilu 2024 diproyeksikan mencapai 60 persen.

Terlebih, menurut pengamat politik dari Citra Institute, Yusa Fachran, pemilih muda akan ikut menentukan dan mempengaruhi arah peta politik di Indoneisia. Oleh karena itu, partai politik dituntut harus mampu menghadirkan tokoh muda yang mampu melihat isu-isu yang sedang terjadi di Indonesia secara responsif.

“Pesan penting, ada perubahan yang signifikan yang turut mempengaruhi peta politik di 2024. Terutama meningkatkan akses pemilih muda terhadap medsos, dan tingginya perhatian mereka pada isu-isu kesehatan, ketenagakerjaan, lingkungan, demokrasi, dan bahkan pemberantasan korupsi,” tutur Yusa, Jumat (30/9).

Menurutnya, penting bagi peserta pemilu ke depan untuk memenuhi ekspektasi para pemilih muda ini. Tidak hanya dalam konteks pemilu presiden, tetapi juga pemilu legislatif.

“Bagaimana mereka mampu merebut kelompok milenial yang jumlahnya signifikan dengan menghadirkan berbagai literasi elektoral yang mencerdaskan bagi kelompok muda. Saya bahasakan, upaya membangun ekosistem politik yang sehat dan mencerdaskan, secara nasional dan komunitas milenial,“ tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA