Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Meski Kondisi Belum Stabil, Bahlil Tetap Bersyukur Tren Positif Tingkat Kepuasan Terhadap Pemerintah

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 02 Oktober 2022, 21:56 WIB
Meski Kondisi Belum Stabil, Bahlil Tetap Bersyukur Tren Positif Tingkat Kepuasan Terhadap Pemerintah
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia/Net
Di tengah kondisi global yang tidak menentu, termasuk serangkaian kebijakan yang tidak populis, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah terus membaik. Tentu, tren positif ini harus disambut hangat.

Begitu dikatakan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat menjadi penanggap rilis suvei Indikator Politik Indonesia, secara virtual pada Minggu (2/10).

Dalam temuan Indikator, tingkat kepuasan terhadap kerja Presiden Joko Widodo berada di angka 67,2 persen. Angka ini meningkat jika dibandingkan survei sebelumnya yang mencatatkan tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi masih berada di angka 62,6 persen.

“Saya bersyukur, sekalipun kondisi belum membaik, tingkat kepuasan terhadap pemerintah yang dinilai oleh publik sekarang sudah mencai 67,2 persen,” kata Bahlil.

Soal alasan kepuasan publik pada kinerja Jokowi cepat membaik, Bahlil menilai dilatari keberhasilan pemerintah meredam potensi gejolak dari ketidakpastian yang terjadi.

Presiden Jokwi, lanjutnya, telah memerintahkan seluruh jajarannya untuk memitigasi dampak dari sejumlah kebijakan, seperti kenaikan harga BBM. Caranya, dengan menyiapkan bantalan sosial.

“Presiden memerintah untuk semua jajaran mempersiapkan BLT. Jadi masyarakat di bawah sudah disiapkan bantalannya,” katanya.

Kedua, Bahlil menilai keputusan pemerintah mencabut subsidi BBM juga telah diperhitungkan dengan matang. Ini agar penyaluran subsidi menjadi lebih tepat sasaran.

“Jadi memang ada perubahan. Pertama soal tata kelola subsidi yang lebih tepat sasaran. Kedua, kita harus rasional menentukan harga,” demikian Bahlil.

ARTIKEL LAINNYA