Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lebih Dari 120 Orang Meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan, Politikus Nasdem Desak Investigasi Menyeluruh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 03 Oktober 2022, 09:59 WIB
Lebih Dari 120 Orang Meninggal dalam Tragedi Kanjuruhan, Politikus Nasdem Desak Investigasi Menyeluruh
Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPP Partai Nasdem, Moh Haerul Amri/Net
rmol news logo Pemerintah didesak agar melakukan investigasi menyeluruh terhadap kasus meninggalnya lebih dari 120 orang dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan. Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu malam (1/10).

"Kami mendesak dilakukannya investigasi menyeluruh dan objektif, karena kasus ini merupakan tragedi besar kemanusian yang sangat memilukan, bukan hanya bagi sepak bola tetapi juga bagi bangsa Indonesia," ujar anggota DPR RI, Moh Haerul Amri lewat keterangannya, Senin (3/10).

Saat ini, diakuinya, banyak pihak yang berspekulasi mengenai pihak yang paling bertanggung jawab atas insiden tersebut. Untuk menjawab hal itu, maka perlu investigasi yang menyeluruh dengan mengumpulkan berbagai bukti yang ada.

"Karenanya pihak penyelenggara harus menjelaskan ke masyarakat kenapa kerusuhan ini bisa terjadi. Penegak hukum mengusut tuntas secara objektif dan tidak boleh ada toleransi terhadap siapapun  yang mengakibatkan timbulnya kerusuhan ini," ujar dia.

"Libatkan semua pihak agar kasus ini menjadi terang. Siapa yang bertanggungjawab atas hilangnya ratusan nyawa," tegas Haerul Amri.

Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPP Partai Nasdem ini menganggap peristiwa itu merupakan tragedi yang sangat merugikan bagi dunia sepak bola Indonesia yang sedang berkembang.

Haerul pun menilai penundaan kompetisi Liga 1 selama satu pekan masih kurang. Ia mengusulkan penundaan ini dilakukan selama satu bulan. Agar proses investigasi dan evaluasi selesai sepenuhnya, dan kasus ini sudah terang benderang.

Terakhir, Wakil Ketua Umum GP Ansor ini menyampaikan duka yang mendalam kepada para keluarga korban.

"Saya mengucapkan belasungkawa dan duka mendalam atas meninggalnya 125 orang akibat tragedi Kanjuruhan itu. Semoga korban jiwa tidak bertambah lagi dan korban yang tengah menjalani perawatan segera sembuh," ungkapnya.

Dia pun mendoakan agar para pihak yang anggota keluarganya meninggal dunia maupun mengalami luka-luka dalam tragedi tersebut bisa bersabar dan tabah menghadapi musibah ini. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA