Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Imbas Tragedi Kanjuruhan, Mahfud MD Minta Menpora Panggil PSSI hingga Pelaksana Liga

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 03 Oktober 2022, 13:52 WIB
Imbas Tragedi Kanjuruhan, Mahfud MD Minta Menpora Panggil PSSI hingga Pelaksana Liga
Menko Polhukam, Mahfud MD/RMOL
Pemanggilan pihak-pihak terkait Tragedi Kanjuruhan menjadi instruksi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali.

Mahfud menyampaikan intruksi tersebut dalam jumpa pers di Kantor Kemenko Polhukam di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (3/10).

"Kepada Menpora secapatnya mengundang PSSI, pemilik klub, panitia pelaksana daerah, dan lain-lain yang terkait," pinta Mahfud.

Menurut Mahfud, pemanggilan pihak-pihak tersebut diperlukan untuk mengetahui tata laksana pertandingan Arema melawan Persebaya pada Sabtu malam lalu (1/10).

Pasalnya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mencatat, ada 125 orang yang meninggal akibat tragedi yang terjadi pascapertandingan dua klub sepak bola besar di Jawa Timur tersebut.

Angka tersebut, sepengetahuan dia, merupakan terbanyak ketiga di dunia dalam tragedi serupa yang pernah terjadi dalam sejarah sepak bola dunia.

"(Pemanggilan ini) untuk memastikan tegaknya peraturan di dalam pelaksanaan pertandingan, baik yang dibuat FIFA maupun diatur di dalam berbagai peraturan perundang-undangan kita, sebagai bagian dari upaya evaluasi total," demikian Mahfud menekankan.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA