Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Peristiwa Kanjuruhan, Johan Budi: Level Manapun Harus Tanggung Jawab

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 03 Oktober 2022, 14:37 WIB
Peristiwa Kanjuruhan, Johan Budi: Level Manapun Harus Tanggung Jawab
Politisi PDIP Johan Budi/Net
Tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang yang menelan ratusan korban jiwa harus ada pihak yang bertanggungjawab. Jika ditemukan unsur pidana dan diperlukan untuk pencopotan jabatan maka harus dilakukan.

Demikian disampaikan Anggota DPR fraksi PDIP Johan Budi saat jumpa pers di Ruang Fraksi PDIP, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/10).

“Kalau ada yang mengarah ke tindak pidana, ya pidanakan. Kalau ada yang harus bertanggungjawab di level manapun, ya harus dicopot,” kata Johan Budi.

Menurut Anggota Komisi III DPR RI ini, tim investigasi tragedi Kanjuruhan Malang yang dibentuk pemerintah dan stakeholder terkait dan sedang berjalan harus membuahkan hasil yang signifikan.  

“Jangan hanya evaluasi-evaluasi saja. Tapi perlu ada hasil, mana yang salah dalam konteks kemarin,” tegasnya.

Sebab, kata Johan Budi, persoalan yang ada di Malang itu bukan yang pertama kali. Acap kali insiden di dunia sepak bola Tanah Air merenggut nyawa.

“Tiket sepak bola itu tidak bisa ditukar oleh nyawa. satu nyawa pun tidak boleh,” tegas mantan Jurubicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini.

“Kita tidak ingin kejadian di Malang terulang kembali. Kita berharap kejadian di Malang adalah peristiwa yang terakhir,” demikian Johan Budi.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA