Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Johan Budi Minta TGIPF Kanjuruhan Hasilnya Harus Jelas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 03 Oktober 2022, 16:00 WIB
Johan Budi Minta TGIPF Kanjuruhan Hasilnya Harus Jelas
Politisi PDIP Johan Budi/Net
rmol news logo Pemerintah dan stakeholder terkait diharapkan tidak hanya sekadar melakukan evaluasi atas tragedi berdarah di Kanjuruhan Malang.

Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Johan Budi meminta agar tim-tim yang ada saat ini harus membuahkan hasil investigas yang jelas.

"Saya meminta untuk tidak hanya sekadar mengucapkan evaluasi-evaluasi dan membentuk tim yang kemudian hasilnya tidak jelas," kata Johan Budi dalam jumpa pers di Ruang Fraksi PDIP, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Senin (3/10).

Lebih jauh, mantan Jurubicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini menyebut ada banyak hal yang perlu dievaluasi. Mulai dari proses penyelenggaraan hingga proses pengamanan saat kericuhan terjadi.

"Kepada semua pihak, apakah itu PSSI, apakah itu klub, ke depannya harus secara terus menerus memberikan edukasi kepada para supporter dari masing-masing klub. Itu disadarkan bahwa olahraga adalah bentuk sportivitas dan tidak boleh ada lagi kebencian," demikian Johan Budi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengatakan bahwa pihaknya bersama sejumlah kementerian/lembaga negara terkait melakukan rapat koordinasi khusus (Rakorsus) untuk menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo yang meminta agar Tragedi Kanjuruhan ini diusut tuntas.

Salah satu bentuk tindaklanjut dari Presiden Jokowi itu yang dihasilkan dalam Rakorsus hari ini adalah pembentukan tim gabungan.

“Untuk mengungkap kasus atau peristiwa Kanjuruhan yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 2022, maka pemerintah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang akan dipimpin langsung oleh Menko Polhukam," demikian Mahfud. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA