Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Daripada Anies Baswedan, Peluang Prabowo Subianto Menjadi Capres Lebih Terbuka

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 03 Oktober 2022, 17:16 WIB
Daripada Anies Baswedan, Peluang Prabowo Subianto Menjadi Capres Lebih Terbuka
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto/Net
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih menjadi figur unggulan dalam bursa calon presiden jelang Pemilu Serentak 2024. Dia unggul di atas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Begitu paparan Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim dalam keterangan tertulis hasisl survei terbaru, Senin (3/10).

"Dalam survei SSI pada Oktober ini, eleksi Prabowo Subianto sebesar 30,3 persen, disusul Ganjar sebesar 22,3 persen dan Anies sebesar 20,8 persen," kata Abdul Hakim.

Di antara tiga nama itu, kata Abdul Hakim, hanya Prabowo dan Anies yang paling berpeluang memegang tiket menjadi calon presiden sesuai presidential threshold. Tepatnya, Prabowo dengan kendaraan Partai Gerindra dan Anies yang baru saja mendapat dukungan dari Partai Nasdem.

Akan tetapi, peluang prabowo lebih besar untuk mendapatkan tiket capres karena Prabowo yang diusung Partai Gerindra, hanya butuh satu teman koalisi dari 8 parpol berkursi lainnya di DPR RI untuk bisa mendapatkan tiket capres, kecuali dengan PPP," terangnya.

"Dan saat ini, Gerindra sudah bergandengan dengan PKB yang komposisi kursinya sudah di atas 20 persen," imbuhnya.

Sementara untuk Anies Baswedan yang diusung Partai Nasdem, lanjutnya, masih dibutuhkan minimal dua teman koalisi parpol untuk melengkapi tiket.

"Saat ini, dua parpol yang santer menyeruak akan bekerja sama dengan Nasdem adalah PKS dan Demokrat," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA