Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Tragedi Kanjuruhan, Nasdem Minta Pemerintah Audit Seluruh Infrastruktur Stadion Olahraga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 04 Oktober 2022, 00:48 WIB
Soal Tragedi Kanjuruhan, Nasdem Minta Pemerintah Audit Seluruh Infrastruktur Stadion Olahraga
Kendaraan milik aparat kepolisian rusak akibat kerusuhan usai pertandingan Arema FC versus Persebaya/Net
rmol news logo Meninggalnya ratusan suporter usai pertandingan Arema FC vs Persebaya, Sabtu (1/10) di Stadion Kanjuruhan, Malang, harus menjadi catatan penting dalam desain infrastruktur publik seperti stadion olahraga.

Audit dan penerapan standard operational procedure (SOP) di infrastruktur publik seperti stadion olahraga mutlak dilakukan.

Ketua Bidang Infrastruktur DPP Partai Nasdem Okky Asokawati menyampaikan duka mendalamnya atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.

“Kami berduka cita yang sangat mendalam atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Kita harus memetik pelajaran penting dari tragedi ini agar ke depan tidak terulang,” ujar Okky, Senin (3/10).

Menurutnya, jatuhnya korban meninggal dunia yang jumlahnya besar itu harus dilihat juga dari sisi desain infrastruktur yang kompatibel dalam mitigasi peristiwa darurat seperti yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.

"Ada satu hal yang perlu menjadi bahan evaluasi bersama soal desain infrastruktur publik kita, termasuk stadion yang kompatibel dengan proses mitigasi bila dalam situasi darurat,” katanya.

Mantan model senior ini menyebutkan mitigasi dalam merespons bencana erat kaitannya dengan desain infrastruktur yang kompatibel dalam proses mitigasi. Ia menyebutkan keberadaan infrastruktur menjadi salah satu poin penting dalam proses mitigasi.

"Dalam Pasal 47 ayat (2) huruf b dan c UU No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, keberadaan tata ruang serta pengaturan tentang pembangunan infrastruktur menjadi salah satu hal penting dalam proses mitigasi bencana,” ujarnya.

Anggota DPR dua periode (2009-2019) ini menyebutkan belajar dari tragedi yang terjadi di Kanjuruhan, sebaiknya dilakukan audit infrastruktur publik khususnya stadion olahraga yang kompatibel dalam proses mitigasi dalam menghadapi situasi darurat.

“Baiknya dilakukan audit seluruh fasilitas publik khususnya stadion olahraga yang kompatibel dengan proses mitigasi dalam menghadapi kejadian luar biasa,” demikian Okky.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA