Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei SSI: Pemilih Gerindra Solid Dukung Prabowo Subianto

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 04 Oktober 2022, 11:39 WIB
Survei SSI: Pemilih Gerindra Solid Dukung Prabowo Subianto
Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim (kiri) saat memaparkan hasil survei nasional "Melihat Peta Politik Jelang 12 Bulan Pendaftaran Capres/Cawapres"/Net
rmol news logo Pemilih Partai Gerindra masih solid dalam mendukung Prabowo Subianto untuk menjadi calon presiden para Pilpres 2024 mendatang. Hal ini sebagaimana tercermin dalam hasil survei terbaru yang dilakukan Skala Survei Indonesia (SSI).

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim mula-mula mengurai tentang tingkat keterpilihan partai politik. Di mana PDI Pernjuangan masih unggul dengan 19,6 persen, disusul Partai Gerindra sebesar 11,4 persen, dan Partai Golkar sebesar 9,6 persen.

Selanjutnya ada Partai Demokrat sebesar 7,1 persen, PKB sebesar 6,6 persen, PKS sebesar 5,0 persen, Partai Nasdem sebesar 4,1 persen, PPP sebesar 3,2 persen, dan PAN sebesar 2,4 persen.

Dari basis pemilih parpol di atas, Abdul Hakim kemudian melihat distribusi kecenderungan dukungan pemilih parpol ini terhadap tiga kandidat capres yang memiliki tingkat eleksi terbaik, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Hasilnya dari 100 persen pemilih PDIP, 28,9 persen diantaranya akan memilih Prabowo Subianto, 44,7 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 4,3 persen akan memilih Anies Baswedan.

Untuk pemilih Gerindra, 81,8 persen akan memilih Prabowo Subianto, 6,6 persen akan memilih Ganjar Pranowo, dan 3,6 persen akan memilih Anies Baswedan

“Sedangkan dari 100 persen pemilih Golkar, 27,0 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 14,8 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 17,4 persen akan memilih Anies Baswedan. Pemilih PKB, 40,5 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 19,0 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 1,3 persen akan memilih Anies Baswedan,” urainya saat pemaparan survei Senin (3/10).

Selanjutnya, pemilih Nasdem, 40,8 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 4,1 persen akan memilih Ganjar Pranowo, dan 40,8 persen akan memilih Anies Baswedan

Sementara PKS, 16,7 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 11,7 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 41,7 persen akan memilih Anies Baswedan.

Pemilih PPP, 18,4 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 18,4 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 15,8 persen akan memilih Anies Baswedan.
 
Pemilih PAN, 27,6 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 3,4 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 58,6 persen akan memilih Anies Baswedan. Dan pemilih Demokrat, 20,0 persen diantaranya akan memilih Prabowo Subianto, 15,3 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 17,6 persen akan memilih Anies Baswedan.

“Dari sini bisa dilihat bahwa kecenderungan pemilih parpol yang paling solid adalah Partai Gerindra dalam mendukung Prabowo Subianto, yakni mencapai 81,8 persen. Sementara untuk parpol lainnya, kecenderungan solid dalam mendukung kandidat capres tertentu belum nampak terlihat signifikan," pungkas Abdul Hakim. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA