Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

KNPI DKI Dorong Tragedi Kanjuruhan Diinvestigasi Menyeluruh

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 04 Oktober 2022, 12:15 WIB
KNPI DKI Dorong Tragedi Kanjuruhan Diinvestigasi Menyeluruh
Ketua DPD KNPI Jakarta, Ronny Bara Pratama (kiri) menyoroti tragedi Kanjuruhan/Net
Tragedi Kanjuruhan yang telah menelan seratusan korban jiwa turut disorot Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) DKI Jakarta.

Ketua DPD KNPI Jakarta, Ronny Bara Pratama meminta peristiwa yang terjadi setelah pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu malam (1/10) itu diinvestigasi menyeluruh.

Investigasi penting agar mengetahui duduk perkaran dan menghindari kejadian serupa terulang di kemudian hari.

"Ini bicara soal nyawa manusia, perlu investigasi serta evaluasi yang serius sehingga semua pihak dapat mawas diri dan berbenah dalam mengelola sepak bola Indonesia," tegas Ronny dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/10).

Ronny mengamati, peristiwa yang telah menelan korban jiwa mencapai 125 sebagaimana data yang dirilis Polri itu tak lepas dari tindakan pro kotra aparat melepaskan tembakan gas air mata saat kejadian.

"Aparat menggunakan gas air mata yang tembakan ke para suporter adalah tindakan keliru dan menyalahi aturan FIFA. Aparat kepolisian harusnya memahami itu," jelasnya.

Oleh karenanya, investigasi menyeluruh penting dilakukan dalam kasus tersebut. Di sisi lain, ia turut menyampaikan rasa duka mendalam atas tragedi Kanjuruhan.

"Saya sangat sedih dan turut berdukan cita atas meninggalnya saudara-saudara kita, dan doa yang paling paling baik saya sampaikan semoga seluruh almarhum dan almarhumah husnul khatimah," tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA