Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ali Rifan: Chemistry Anies Lebih Mudah Diterima Kader Nasdem Ketimbang Figur Capres Lain

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 04 Oktober 2022, 21:20 WIB
Ali Rifan: Chemistry Anies Lebih Mudah Diterima Kader Nasdem Ketimbang Figur Capres Lain
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Net
Mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024 merupakan langkah cerdas Partai Nasdem.

Hal tersebut disampaikan Direktur Arus Survei Indonesia, Ali Rifan, dalam perbincangan dengan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa malam (4/10).

"Pilihan segera deklarasi capres merupakan pilihan tepat, biar efek ekor jas benar-benar bisa didapatkan oleh Nasdem," ujar Ali.

Ali berpendapat, masyarakat Indonesia kini memiliki corak dalam memilih sosok pemimpinnya. Yaitu tidak begitu mengagumkan figur yang berasal dari partai politik (parpol).

Berdasarkan catatan Ali, baik lembaga survei yang dipimpinnya maupun lembaga survei lain menunjukkan kecenderungan yang tinggi terhadap sosok Anies yang notabene bukan orang parpol.

"Anies disukai kelompok kelas menengah terdidik, bahkan survei CSIS simulasi head to head Anies menang," tutur Ali.

"Artinya, para pemilih rasional cenderung ke Anies, ini sesuai dengan narasi Nasdem yang selalu menggaungkan politik gagasan," tambahnya.

Oleh karena itu, magister politik jebolan Universitas Indonesia ini menyimpulkan langkah Nasdem sebagai langkah cermat dan baik untuk performanya di Pemilu Serentak 2024.

"Anies juga bukan orang baru di Nasdem, alias pendiri ormas Nasional Demokrat. Jadi secara chemistry, lebih mudah diterima kader Nasdem ketimbang figur capres lainnya," demikian Ali.

ARTIKEL LAINNYA