Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Nasdem Perlu Hadir Meluruskan Isu Politik Identitas Anies Baswedan

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 05 Oktober 2022, 09:26 WIB
Nasdem Perlu Hadir Meluruskan Isu Politik Identitas Anies Baswedan
Bakal calon presiden dari Nasdem, Anies Baswedan/Net
Basis elektoral Anies Baswedan dinilai sebagai modal yang besar, sehingga Partai Nasdem menetapkannya sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024.

Namun, Direktur Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an melihat satu hal yang harus digarisbawahi Nasdem untuk dilakukan, agar Anies bisa menjadi pemenang Pilpres 2024.

Dia menjelaskan, berdasarkan basis data sejumlah lembaga survei, termasuk Arus Survei Indonesia, Anies kerap berada di puncak klasemen untuk perolehan elektabilitas dan favorabilitas.

"Anies calon presiden potensial 2024 karena selalu masuk top three lembaga survei. Termasuk temuan survei lembaga Arus Survei Indonesia yang dirilis Agustus 2022 lalu," ujar Ali kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (5/10).

Akan tetapi, mahasiswa doktoral ilmu politik Universitas Indonesia ini memandang perlu bagi Nasdem untuk terus menggenjot elektoral Anies.

Terkait hal tersebut, Ali menyarankan partai politik (parpol) yang dipimpin Surya Paloh itu untuk mendaur ulang perspektif kelompok masyarakat tertentu terhadap Anies. Mengingat, jika melihat ke belakang selalu dikaitkan dengan politik identitas.

"Catatannya, Anies masih lemah di kelompok grassroot atau clusster pemilih wong cilik, dan selalu disematkan pada dirinya sebagai bapak politik indentitas," tuturnya.

"Ini tentu menjadi tanggung jawab Nasdem untuk melakukan kerja politik di level grassroot dan meluruskan isu politik identitas pada Anies," demikian Ali.

ARTIKEL LAINNYA