Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Berusia 77 Tahun, Jokowi Minta TNI Tingkatkan Profesionalitas

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 05 Oktober 2022, 10:36 WIB
Berusia 77 Tahun, Jokowi Minta TNI Tingkatkan Profesionalitas
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di upacara HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta/Net
Tentara Nasional Indonesia (TNI) diminta terus meningkatkan profesionalitasnya di tengah tantangan bangsa Indonesia yang semakin kompleks dewasa ini.

Permintaan itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI, di Halaman Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/10).  

“Di tengah tantangan bangsa yang kompleks, saya minta TNI tetap harus meningkatkan profesionalitasnya,” ujar Jokowi.

TNI, juga harus terus secara bertahap melanjutkan pemenuhan minimum essential force, pembangunan kekuatan yang selaras dengan pembangunan nasional. Selain itu, program bela negara pun perlu dilanjutkan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi untuk mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Pemerintah masyarakat bangsa dan negara menaruh harapan besar terhadap kontribusi TNI. Teruslah memegang teguh jati diri TNI sebagai terntara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional,” tegas Kepala Negara.

Jokowi berharap TNI terus menjadi garda terdepan dalam menghadapi setiap ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan. Ia juga meminta TNI bersikap secara profesional sesuai pancasila dan UUD 1945 dan sapta marga dan sumpah prajurit.

“Peliharalah kemanunggalan TNI dengan rakyat karena bersama rakyat TNI akan kuat, terakhir, ingatlah selalu sifat-sifat prajurit. Prajurit itu pantang menyerah, selalu tabah, selalu loyal, selalu tulus dan selalu rela berkorban untuk kejayaan dan kemajuan rkayat Indonesia dan NKRI,” tuturnya.

“Demikian amanat saya, selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu bersama kita semuanya,” imbuhnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA