Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratifikasi IKCEPA dan RCEP Perkuat Kerja Sama Indonesia-Korsel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 05 Oktober 2022, 15:24 WIB
Ratifikasi IKCEPA dan RCEP Perkuat Kerja Sama  Indonesia-Korsel
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bersama Dutabesar Korea Selatan untuk Indonesia, Park Tae-sung/Ist
rmol news logo Kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan terus ditingkatkan. Terbaru, kedua negara telah berhasil menyelesaikan ratifikasi Indonesia Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IKCEPA) dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) Agreement.

Perjanjian IKCEPA yang telah diratifikasi oleh kedua negara semakin mempererat hubungan bilateral terutama di bidang kerjasama ekonomi, perdagangan, dan investasi.

“Saya berharap implementasi perjanjian IKCEPA ini dapat dilakukan pada Januari 2023,” tutur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat menghadiri peringatan “Korean National Foundation Day 2022” di The Westin Jakarta Hotel, Selasa (4/10).

Menko Airlangga juga menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah Korea Selatan dan rakyat Republik Korea Selatan atas peringatan Hari Kelahiran Bangsa Korea.

Korean National Foundation Day (Gaecheonjeol) atau Hari Kelahiran Bangsa Korea merupakan hari libur resmi di Korsel yang diperingati setiap tanggal 3 Oktober. Gaecheonjeol ini diperingati untuk merayakan pendirian kerajaan pertama Korea yang bernama Gojoseon.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan keyakinan bahwa ikatan hubungan dan kerja sama antara Republik Indonesia dan Republik Korea akan semakin kuat dan erat sesuai dengan aspirasi dan keinginan masyarakat kedua negara,” lanjut Ketua Umum Partai Golkar ini.

Senada dengan Menko Airlangga, Dutabesar Korea Selatan untuk Indonesia, Park Tae-sung juga melihat persahabatan dan kemitraan Indonesia dan Korea sungguh semakin kokoh.

“Merupakan kehormatan bagi saya karena dapat menyaksikan kemajuan substansial dalam diplomasi, pertahanan, ekonomi, budaya, dan hubungan antar masyarakat, khususnya selama periode pemerintahan Presiden Joko Widodo,” tutur Park Tae-sung.

Dutabesar Park Tae-sung mengungkapkan bahwa hubungan bilateral Korea dan Indonesia telah ditingkatkan menjadi special strategic partnership, khususnya dalam kemitraan strategis di bidang kendaraan listrik dan baterai yang merupakan contoh kerja sama yang saling menguntungkan.

Eratnya hubungan bilateral kedua negara juga ditandai dengan adanya forum Joint Committee on Economic Cooperation (JCEC) yang rutin menggelar pertemuan, baik di tingkat menteri maupun pejabat senior. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA