Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut P20, Puan Maharani: DPR Komitmen Penuh Selesaikan Berbagai Krisis Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 05 Oktober 2022, 16:16 WIB
Sambut P20, Puan Maharani: DPR Komitmen Penuh Selesaikan Berbagai Krisis Global
Ketua DPR RI Puan Maharani/Net
rmol news logo Pertemuan Parliamentary Forum in the Context of the G20 Parliamentary Speakers Summit merupakan rangkaian kegiatan The 8th G20 Parliamentary Speakers Summit (P20) yang akan secara resmi dibuka pada Kamis besok (6/10).  

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, Indonesia sebagai tuan rumah, dalam hal ini DPR RI berkomitmen penuh untuk mensukseskan kontribusi parlemen dalam menyelesaikan berbagai krisis global.
 
“Termasuk upaya pemulihan pandemi yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Puan Maharani dalam pidatonya di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (5/10).

Puan menambahkan, Indonesia, dengan semangat gotong royongnya, siap, mau dan mampu untuk berkolaborasi dengan dunia global dalam membangun dunia bersama.

“Dunia yang lebih baik, dunia yang sejahtera, tentram dan indah,” tuturnya.

Pasalnya, kata Puan, saat ini dunia sedang melakukan berbagai upaya pemulihan sosial dan ekonomi dari dampak pandemi.
 
Kondisi ini menempatkan situasi perekonomian domestik, membutuhkan respon kebijakan fiskal dan moneter yang dapat mengantisipasi agar pemulihan sosial dan ekonomi dapat terus berlanjut dan menjaga agar kualitas kesejahteraan rakyat tidak menurun.
 
“Kita juga masih memiliki sejumlah agenda global dalam menuntaskan pembangunan berkelanjutan, yaitu antara lain hal-hal yang berkaitan dangan climate change, lingkungan hidup, ekonomi hijau, ketahanan pangan dan energy, serta kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan,” kata politikus PDIP ini.
 
Puan juga menyebut bahwa gejolak ekonomi global saat ini dan ketidakpastian yang berlanjut pada tahun depan, serta agenda pembangunan berkelanjutan, membutuhkan respons dari semua pihak.
 
Untuk itu, kehadiran DPR RI dalam pertemuan P20, adalah untuk dapat membangun komitmen kerja bersama dalam merespon gejolak dan tantangan global tersebut.
 
“Kekuatan parlemen, P20, adalah dalam mewakili suara rakyat, untuk memberikan legitimasi atas upaya Pemerintah menjalankan komitmen kebijakan luar negeri dan kerjasama antar negara,” ujarnya.
 
Lebih lanjut, Puan menyatakan legitimasi parlemen tersebut akan diarahkan untuk menyelamatkan kehidupan masyarakat global yang lebih baik, dengan hidup sejahtera, tentram dan memiliki bumi yang berkelanjutan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA