Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sultan B. Najmudin: Nominasi Capres Sangat Penting Bagi Demokrasi

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 06 Oktober 2022, 02:55 WIB
Sultan B. Najmudin: Nominasi Capres Sangat Penting Bagi Demokrasi
Gubernur DKI Jakara Anies Baswedan dideklarasikan sebagai Bacapres/RMOL
Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B. Najmudin menyambut baik deklarasi Partai Nasionalis Demokrat (Nasdem) yang sejak dini mengumumkan bakal Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan.

Menurut Sultan, sebagai lembaga yang berperan dalam regenerasi kepemimpinan bangsa, langkah Partai Nasdem harus diapresiasi karena menjadikan Anies sebagai preferensi Partai Nasdem dalam mencapreskan.

"Setidaknya hal ini dapat memenuhi kebutuhan literasi figur politik bagi masyarakat dalam menguji dan menilai integritas, kapasitas serta kapabilitas calon pemimpinnya sejak awal", ungkap Sultan melalui keterangan resminya pada Rabu (05/10).

Dalam sistem politik multi partai, kata Sultan, Indonesia  membutuhkan partai politik dengan kepercayaan diri dan keberanian politik seperti yang dilakukan oleh Partai Nasdem. Ini tentu sangat baik dan merupakan angin segar bagi masa depan demokrasi Indonesia.

"Negara Demokrasi dengan sistem presidensial seperti Indonesia sangat membutuhkan proses rekruitmen dan seleksi kepemimpinan politik Nasional yang ketat. Sehingga rakyat sebagai pemilik kedaulatan negara tidak justru diberikan pilihan yang tidak memenuhi syarat kepemimpinan Nasional dan terbatas oleh partai politik", tegas Sultan.

Lebih lanjut mantan Wakil Gubernur Bengkulu ini meminta agar dalam proses nominasi calon pemimpin nasional yang penuh dengan dinamika politik ini tidak justru menimbulkan perpecahan sosial politik di tengah masyarakat.

Tambah Sultan, partai politik harus mampu menjadi pionir bagi terwujudnya proses politik yang damai dan menggembirakan bagi masyarakat.

"Partai politik memiliki tugas konstitusional yang luhur dan besar dalam proses nominasi calon pemimpin bangsa. Kami percaya semua partai politik memiliki kandidat bakal capres yang sama baik kualitasnya, sehingga sangat tidak elok jika dalam proses nominasi politik capres ini, terjadi dinamika politik yang tidak kondusif bagi situasi sosial dan ekonomi nasional", tutupnya.

ARTIKEL LAINNYA