Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Arman Salam: Nasdem Bacapreskan Anies Baswedan Langkah Berani dan Cerdas

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 06 Oktober 2022, 05:16 WIB
Arman Salam: Nasdem Bacapreskan Anies Baswedan Langkah Berani dan Cerdas
Direktur Riset Indonesia Parlamen Studies (IPS) Arman Salam/RMOL
Dari hasil survei berbagai lembaga, posisi Capres unggulan sampai sekarang masih berkutat pada tiga namanya yakni Prabowo Subianto,  Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Menurut Direktur Riset Indonesia Parlamen Studies (IPS) Arman Salam, konstelasi nama masih statis pada itu itu saja dan nampaknya potensi para kuda hitam masih tertahan belum maksimal.

"Nampaknya memang tiga nama itu bakal maju sebagai Capres. Bisa juga tambah Puan Maharani jika PDIP tetap memaksakan," demikian kata Arman kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (6/10).

Analisa Arman, secara  hitungan di atas kertas bakal ada tiga pasang calon yang akan maju,  bisa empat dengan memaksakan Puan Maharani sebagai jagoan PDIP dengan singel fighter.

"Karena PDIP bisa sendiri tanpa koalisi atau kerjasama kalau istilah Megawati," jelas Arman.

Dalam pandangan Arman, langkah Nasdem deklarasikan Anies sebagai Capres adalah langkah berani sekaligus cerdas. Berani karena menutup potensi calon potensial lain bisa merapat, tapi lebih karena Anies bisa mengerek suara Nasdem di Pileg.

"Tentu langkah Nasdem tidak gegabah pasti sudah ada loby di belakang panggung dengan partai lain, tinggal masalah porsi kepentingan saja nampaknya dan bukan hal yang prinsip," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA