Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Senator Rusia, DPD RI Bahas Ketahanan Pangan hingga Kunjungan Putin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 06 Oktober 2022, 08:31 WIB
Bertemu Senator Rusia, DPD RI Bahas Ketahanan Pangan hingga Kunjungan Putin
(Tengah) Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin/Ist
rmol news logo Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI melakukan pertemuan dengan delegasi Dewan Majelis Federal Rusia untuk membahas berbagai agenda, termasuk kunjungan Presiden Vladimir Putin ke KTT G20 di Bali pada November mendatang.

Pertemuan dilakukan di Tugu Kunstkring Paleis Resto, Menteng, Jakarta pada Rabu (5/10) pukul 20.00 WIB.

Rombongan delegasi Rusia dipimpin oleh Ketua Dewan Majelis Federal Valentina Matvienko, yang diyakini sebagai orang terpenting nomor 2 di negara tersebut.

Matvienko didampingi Senator Vladimir Dzhabarov selaku Wakil Ketua Komite Urusan Luar Negeri, Kepala Staf Dewan Federasi Gennady Golov, dan para pejabat lain dari Dewan Federasi, Duma Negara, Kementerian Luar Negeri, serta Kedutaan Besar Rusia di Jakarta.

Kunjungan mereka disambut langsung oleh Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti dan Ketua DPD Periode 2017-2019 Oesman Sapta Odang atau OSO, serta sejumlah senator lainnya.

Termasuk Ketua Komite I DPD Andiara Aprilia Hikmat, Ketua Komite III DPD Hasan Basri, Ketua Komite IV DPD Elviana, dan Ketua BKSP DPD Sylviana Murni.

Usai pertemuan, Wakil Ketua DPD Sultan Bachtiar Najamudin mengatakan, kunjungan delegasi senator Rusia ke instansinya sangat berarti untuk kemajuan Indonesia. Kunjungan ini tidak lepas dari sejarah kedekatan dua negara.

Lebih lanjut, ia menyebut, pertemuan tersebut membahas berbagai isu, mulai dari ketahanan pangan, energi, situasi politik internasional, misi perdamaian, hingga rencana kedatangan Presiden Rusia Vladmir Putin ke Indonesia.

"Apa kebijakan atau rahasia Parlemen Rusia, hingga punya ketahanan pangan dan energi, yang begitu baik. Bahkan, mereka siap di embargo oleh negara lain. Menurut kami, itu poin yang berharga (untuk Indonesia)," kata Senator dari Provinsi Bengkulu itu.

Dalam pertemuan itu, sambung dia, pihak Rusia juga mengundang DPD RI untuk berkunjung guna melanjutkan perbincangan.

"Banyak sekali kerjasama lintas sektor yang di tawarkan Rusia," ujar Sultan.

Terkait dengan rencana kedatangan Putin di KTT G20, Sultan mengatakan, pihak Rusia belum bisa memastikannya. Namun mereka mengatakan, Putin memberi perhatian besar terhadap Indinesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA