Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Survei Indikator: Kepatuhan Pemilik NPWP Lapor SPT Semakin Tinggi

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 06 Oktober 2022, 20:11 WIB
Survei Indikator: Kepatuhan Pemilik NPWP Lapor SPT Semakin Tinggi
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi/Net
Tingkat kepatuhan masyarakat terhadap pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak terbilang tinggi. Tingginya kedisiplinan ini didominasi pemilik nomor pokok wajib pajak (NPWP) dengan penghasilan di atas Rp 4 juta per bulan.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dalam survei terbaru yang dia lakukan didapati data 59 persen responden yang memiliki NPWP dan telah menyampaikan SPT. Angka 59 persen pemilik NPWP taat pajak didominasi masyarakat berpenghasilan di atas Rp 4 juta.

“Kelompok ini (memiliki NPWP dan berpenghasilan di atas Rp 4 juta), sebanyak 71,7 persen menyatakan telah menyampaikan SPT,” kata Burhanuddin dalam webinar hasil survei bertajuk "Sikat Publik Terhadap Program Reformasi Pertanahan dan Perpajakan" secara virtual, Kamis (6/10).

Kendati demikian, kata dia, masih ada 41 persen masyarakat yang memiliki NPWP belum melaporkan SPT. Mereka yang memiliki NPWP dan berpenghasilan di atas Rp 4 juta, ada 28,3 persen di antaranya belum lapor SPT.

Lanjutnya, tingginya kepatuhan wajib pajak juga tercermin dari pembayaran pajak penghasilan. Dia mengungkapkan, sebanyak 60,5 persen masyarakat yang memiliki NPWP menyatakan telah membayar pajak penghasilan.

Jumlahnya semakin meningkat jika masuk dalam kelompok memiliki NPWP dan berpendapatan di atas Rp 4 juta.

“Jumlahnya mencapai 73,1 persen yang menyatakan membayar pajak penghasilan,” demikian Burhanuddin.

Survei ini digelar pada 13-20 September 2022 dengan melibatkan 1.220 warga negara Indonesia (WNI), yang telah memiliki hak pilih, di 34 provinsi sebagai responden.

Adapun toleransi kesalahan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

ARTIKEL LAINNYA