Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua DPR: Perhelatan P20 Sukses Membahas 4 Kebijakan Prioritas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 07 Oktober 2022, 16:18 WIB
Ketua DPR: Perhelatan P20 Sukses Membahas 4 Kebijakan Prioritas
Pimpina DPR RI menggelar konferensi pers mengenai gelaran Parliamentary Speaker Summit (P20)/Net
rmol news logo Gelaran The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit (P20) atau pertemuan parlemen anggota G20 yang berlangsung di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta berjalan lancar.

Dalam acara yang mengusung tema besar Stronger Parliaments for Sustainable Recovery ini, ada 19 parlemen terdaftar menghadiri acara dan sejumlah wakil dari ketua parlemen ikut serta.

Ketua DPR RI, Puan Maharani meyakini, kerja sama selama rangkaian P20 dapat menguatkan pemulihan ekonomi pasca pandemi.

"Kita semua mempunyai harapan, pasca pandemi Covid-19 tidak ada satu negara pun yang ditinggal. Artinya semua negara saling membantu karena tidak mungkin satu negara bisa survive dalam urusan ekonomi dan perdagangan jika hanya sendirian," tutur Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (7/10).

Perhelatan P20 tahun ini membahas empat isu prioritas, yakni percepatan pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau. Kedua, isu-isu yang mengemuka dalam ketahanan pangan, energi dan tantangan-tantangan ekonomi.

Kemudian ketiga, isu parlemen efektif, demokrasi yang dinamis, serta keempat perihal inklusi sosial, kesetaraan gender, dan pemberdayaan perempuan.

Dari hasil diskusi, kata Puan, semua negara P20 berkomitmen untuk bekerja bersama menciptakan perdamaian dunia.

"Kemudian memberikan harapan baru bagi dunia internasional bahwa kita mau untuk menciptakan dunia lebih damai dan penuh dengan kesejahteraan tanpa membedakan kaya dan miskin, laki dan perempuan," ungkap Puan Maharani.

Pertemuan P20 di Indonesia telah menyatukan parlemen anggota G20, negara undangan dan Inter Parliamentary Union (IPU) dalam sebuah pertemuan yang bernilai strategis untuk mendiskusikan isu global, termasuk mencari solusi yang nyata selama Pandemi Covid-19 yang relevan.

DPR RI juga diharapkan bisa berpartisipasi mengimplementasikan semua program pemerintah yang akan melaksanakan perhelatan G20 pada November mendatang.

"Jadi keikutsertaan DPR RI dalam program parliamentary summit ini saya harap bisa ikut membantu, berpartisipasi dalam implementasi semua program pemerintah yang nantinya akan melaksanakan G20 pada bulan November mendatang," tutup Puan. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA